Tautan-tautan Akses

Liga Arab Lansir Daftar Cekal 17 Elite Suriah ke Luar Negeri


Perdana Menteri Qatar Sheikh Hamad bin Jassim al-Thani (depan kanan) dan Sekjen Liga Arab Jenderal Nabil a-Arabi (dua dari kanan) dalam rapat Liga Arab di Kairo (foto: dok).

Perdana Menteri Qatar Sheikh Hamad bin Jassim al-Thani (depan kanan) dan Sekjen Liga Arab Jenderal Nabil a-Arabi (dua dari kanan) dalam rapat Liga Arab di Kairo (foto: dok).

Komite Liga Arab untuk Suriah melansir daftar 17 orang Suriah yang dilarang bepergian ke negara-negara Arab, termasuk di antaranya saudara Presiden Suriah Bashar al-Assad, pengusaha terkaya Suriah dan menteri-menteri kabinet terkemuka.

Sebuah komite Liga Arab yang bertanggungjawab menerapkan sanksi-sanksi terhadap Suriah kini menarget orang-orang kaya dan berkuasa di Suriah.

Komisi ini hari Kamis melansir daftar 17 orang Suriah yang dilarang bepergian ke negara-negara Arab, termasuk di antaranya saudara Presiden Suriah Bashar al-Assad, pengusaha terkaya Suriah dan menteri-menteri kabinet terkemuka.

Para pejabat mengatakan daftar tersebut dan rekomendasi lainnya akan diajukan kepada para anggota Liga Arab yang akan bertemu di Doha, hari Minggu.

Liga Arab sedang berusaha meyakinkan pemerintah Suriah agar meredakan penindakan keras terhadap demonstran anti-pemerintah dan bahkan menskors keanggotaan Suriah seraya memperingatkan sanksi-sanksi baru.

Suriah membebaskan 912 tahanan, hari Rabu, dengan menyatakan bahwa mereka yang dibebaskan tidak terkait dengan apa yang disebut pemerintah sebagai “pembunuh” sehubungan dengan pemberontakan di sana. Pada hari yang sama, para aktivis mengatakan bentrokan baru di provinsi Dara, yang menewaskan paling sedikit enam warga sipil dan tujuh tentara Suriah sementara pasukan keamanan menyerbu kawasan tersebut.

Ketua kelompok Pengamat HAM Suriah yang berbasis di London mengatakan kepada VOA bahwa pertempuran meletus di kota Dael dan para saksi mata menyatakan mendengar ledakan hebat sewaktu mobil-mobil tentara meledak.

XS
SM
MD
LG