Tautan-tautan Akses

Liga Arab Serukan Tindakan Cepat Akhiri Penumpasan di Suriah


Pertemuan darurat Liga Arab dan Turki di ibukota Maroko, Rabat (16/11).

Pertemuan darurat Liga Arab dan Turki di ibukota Maroko, Rabat (16/11).

Liga Arab dan Turki bertemu di Maroko hari Rabu untuk mempertimbangkan sanksi-sanksi tambahan terhadap Suriah.

Turki dan anggota-anggota Liga Arab menyerukan “tindakan mendesak” untuk menghentikan penumpasan oleh pemerintah atas kelompok oposisi di Suriah, sewaktu pergolakan selama delapan bulan ini memuncak dengan serangan-serangan oleh tentara pembelot pada sebuah instalasi militer.

Kelompok regional dan Menteri Luar Negeri Turki bertemu di Maroko hari Rabu untuk mempertimbangkan sanksi-sanksi tambahan terhadap Suriah, karena menolak mengakhiri aksi kekerasan pada warga yang membangkang. Menteri Luar Negeri Qatar mengatakan anggota-anggota Liga Arab kini bekerja untuk menghentikan pertumpahan darah atas kelompok-kelompok oposisi pemerintah.

Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Dovutoglu memberitahu Liga Arab bahwa pemerintah Suriah “akan membayar harga mahal”. Suriah memboikot pembicaraan itu, hanya beberapa hari setelah Liga Arab memutuskan untuk menskors keanggotaan Suriah.

Skors itu dijadwalkan mulai berlaku hari Rabu.

Tentara Suriah yang membelot dan mendukung kelompok oposisi menyerang sebuah pangkalan pemerintah di dekat ibukota Damaskus hari Rabu, memicu kekhawatiran terjadinya perang saudara.

Aktivis-aktivis mengatakan para gerilyawan Tentara Pembebasan Suriah menembakkan roket dan senapan mesin ke sebuah kompleks inteljen angkatan udara di pinggiran kota Harasta.

Seorang juru bicara Komite Koordinasi Lokal Suriah yang berkantor di Jerman memberitahu VOA, Tentara Pembebasan Suriah telah membentuk dewan militer sementara untuk melemahkan pasukan keamanan Suriah. Tentara Pembebasan Suriah sebelum ini tidak punya komando pusat.

XS
SM
MD
LG