Tautan-tautan Akses

Liga Arab Mungkin akan Minta DK PBB Adopsi Rencana untuk Suriah


Pertemuan para pemimpin Liga Arab di Doha, Qatar untuk membahas rencana perdamaian bagi Suriah (17/12).

Pertemuan para pemimpin Liga Arab di Doha, Qatar untuk membahas rencana perdamaian bagi Suriah (17/12).

Rencana perdamaian Arab bagi Presiden Bashar Al-Assad mencakup menarikan pasukannya dari wilayah Suriah yang bergolak.

Liga Arab mungkin akan meminta Dewan Keamanan PBB untuk mengadopsi rencana perdamaian Arab untuk mengakhiri aksi penumpasan dengan kekerasan terhadap demonstran anti-pemerintah di Suriah.

Perdana Menteri Qatar Sheikh Hamad bin Jassim bin Jabr al-Thani hari Sabtu mengatakan, Suriah menunda sikapnya terhadap usul perdamaian Arab itu.

Ia mengatakan para menteri luar negeri Arab akan bertemu di Kairo hari Rabu untuk membahas kemungkinan membawa rencana perdamaian itu ke Dewan Keamanan PBB, jika Suriah tidak menerima rencana itu dan mulai melaksanakannya.

Pernyataan Sheikh Hamad bin Jassim itu tampaknya untuk mengesampingkan aksi militer apapun oleh Liga Arab terhadap Suriah. Perdana Menteri Sheikh Hamad bin Jassim berbicara di Doha – ibukota Qatar – setelah rapat darurat Liga Arab.

Rencana perdamaian Arab bagi Presiden Suriah Bashar Al-Assad mencakup menarikan pasukannya dari kota-kota yang bergolak, membebaskan para tahanan dan memulai dialog tentang reformasi dengan kelompok oposisi.

Secara terpisah, sebuah delegasi Irak berada di Damaskus untuk berbicara dengan Presiden Bashar Al-Assad guna mengakhiri aksi kekerasan yang terus memuncak. Kepala delegasi tersebut – penasehat keamanan nasional Irak Falah Al-Fayyad melaporkan pembicaraan “positif”.

XS
SM
MD
LG