Tautan-tautan Akses

Liga Arab Evaluasi Misi Pertama Pengamat di Suriah


Sekjen Liga Arab Nabil Elaraby (kiri) berbincang dengan Menlu Qatar Hamad bin Jassim dalam rapat misi pengamat Liga Arab untuk Suriah di Kairo, Mesir (22/1).

Sekjen Liga Arab Nabil Elaraby (kiri) berbincang dengan Menlu Qatar Hamad bin Jassim dalam rapat misi pengamat Liga Arab untuk Suriah di Kairo, Mesir (22/1).

Meskipun menuai banyak kecaman, Liga Arab diduga akan memperpanjang misi pengamat di Suriah dan menambahkan anggotanya.

Liga Arab bertemu di Mesir hari Minggu untuk meninjau bulan pertama misi pengamat di Suriah yang banyak menuai kecaman. Blok Arab itu diduga akan memperpanjang misi beranggotakan 165 orang itu dan menambah anggotanya.

Kepala oposisi Dewan Nasional Suriah, Burhan Ghalioun, berada di Kairo Sabtu untuk bertemu dengan para pejabat Liga Arab. Ia mengatakan jika laporan dari pengamat itu tidak obyektif, kelompoknya akan menolaknya.

Menteri Luar Negeri Amerika menelepon Menteri Luar Negeri Mesir hari Sabtu. Departemen Luar Negeri mengatakan Hillary Clinton bertukar pendapat dengan Menteri Luar Negeri Mohammed Amr tentang perkembangan di Suriah sebelum pertemuan Liga Arab itu.

Para aktivis Suriah mengatakan Sabtu sekelompok tentara desertir merebut kota Douma di pinggiran ibukota, Damaskus, lalu mundur ke pangkalan mereka. Pengamat HAM Suriah yang berbasis di Inggris mengatakan pertempuran itu pecah ketika pasukan keamanan menembaki sebuah prosesi pemakaman, menewaskan empat orang. Douma telah menjadi pusat kegiatan protes anti-pemerintah selama 10 bulan.

XS
SM
MD
LG