Tautan-tautan Akses

Liga Arab Desak Suriah Tandatangani Kesepakatan untuk Pengamat


PM Qatar dan Menlu Sheikh Hamad bin Jassim al-Thani (tengah) berbicara ke Sekjen Liga Arab Nabil al-Arabi (kiri) di Kairo (24/11).

PM Qatar dan Menlu Sheikh Hamad bin Jassim al-Thani (tengah) berbicara ke Sekjen Liga Arab Nabil al-Arabi (kiri) di Kairo (24/11).

Para Menteri Luar Negeri Liga Arab memberi waktu kepada Suriah sampai hari Jumat untuk menandatangani perjanjian yang mengizinkan para pengamat masuk ke negara itu.

Pejabat-pejabat Liga Arab hari Kamis mengatakan para wakil akan bertemu lagi hari Sabtu untuk membahas sanksi jika Damaskus tidak bersedia mematuhi tuntutan mereka.

Kelompok regional itu kini mempertimbangkan tindakan lebih jauh jika pemerintah Suriah meneruskan penumpasan berdarah terhadap demonstran anti-pemerintah.

Liga Arab menangguhkan keanggotaan Suriah dua pekan lalu, marah karena Presiden Suriah Bashar al-Assad tidak memenuhi janjinya untuk mengakhiri kekerasan dan menarik pasukan Suriah keluar dari kota-kota besar.

Menteri Luar Negeri Perancis Alain Juppe menyarankan agar komunitas internasional menciptakan sebuah koridor kemanusiaan di Suriah, dengan mengirim para pemantau internasional untuk menjamin keamanan warga sipil.

Alain Juppe mengatakan ia akan mengupayakan dukungan Liga Arab atas langkah itu dan juga membahasnya dengan Amerika dan semua mitra internasional di PBB.

XS
SM
MD
LG