Tautan-tautan Akses

Leonardo DiCaprio Diperkirakan akan Raih Oscar


Leonardo DiCaprio (kiri) pemeran utama film "The Revenant" berpose dengan dutradara Alejandro Gonzalez Inarritu dalam ajang Directors Guild of America Awards ke-68 di Hyatt Regency Century Plaza, Los Angeles (6/2).

Leonardo DiCaprio (kiri) pemeran utama film "The Revenant" berpose dengan dutradara Alejandro Gonzalez Inarritu dalam ajang Directors Guild of America Awards ke-68 di Hyatt Regency Century Plaza, Los Angeles (6/2).

Aktingnya sebagai Hugh Glass di film The Revenant banyak mendapat pujian kritikus film, dan banyak yang tak meragukan, ia akan meraih Oscar.

Leonardo DiCaprio seperti tak terbendung. Setelah berjaya di ajang Golden Globe dan Critic’s Choice, lagi-lagi ia merebut penghargaan aktor terbaik di ajang Screen Actors Guild.

Menilik sejarah penghargaan dunia film, aktor yang berturutan memenangkan penghargaan pada katagori yang sama, biasanya juga akan merebut Oscar. Jika asumsi ini benar, ini Oscar pertama bagi aktor berusia 41 tahun ini setelah 30 tahun berkecimpung di dunia film.

Penghargaan bergengsi dunia film bukan hal baru bagi DiCaprio. Ia telah meraih banyak pengakuan bergengsi dalam berakting, termasuk tiga penghargaan Golden Globe. Di ajang Oscar sendiri, ia telah enam kali dinominasikan, lima untuk katagori akting dan satu untuk produser. Aktingnya sebagai Hugh Glass di film The Revenant banyak mendapat pujian kritikus film, dan banyak yang tak meragukan, ia akan meraih Oscar.

Pembuatan film The Revenant sendiri bukanlah hal mudah bagi DiCaprio. Dalam wawancara dengan Blacktree.TV, ia mengakui tantangan alam yang dihadapi para pemain dan awak film lainnya. Selain badai salju, katanya, lokasi syuting yang tidak mudah dijangkau memaksa mereka pulang pergi ke lokasi setiap harinya hingga berjam-jam.

Majalah Forbes menyebut Leonardo DiCaprio sebagai salah satu aktor paling penting masa kini. Setelah mencapai popularitas besar dan status pria pujaan Hollywood lewat film Romeo + Juliet dan Titanic pada akhir 1990-an, DiCaprio selama beberapa tahun sempat terombang-ambing dan menjauh dari Hollywood. Dalam kurun waktu lima tahun pasca Titanic, ia hanya membintang satu film, The Beach. Ia seperti kesulitan untuk menjadi aktor yang ia inginkan, yang bertentangan dengan apa yang diharapkan Hollywood.

Titik cerah muncul setelah sutradara kawakan Martin Scorsese menggandengnya untuk film Gangs of New York pada 2002. Film itu mendapat pujian dan meraih banyak penghargaan. Sejak itu, aktor yang satu ini menjadi magnet kuat film-film berbobot dan incaran para sutradara besar Hollywood.

Selain Scorsese, James Cameron, Quentin Tarantion dan Baz Luhrmann ikut mencicipi kesuksesan film dengan DiCaprio sebagai bintang utama. Christhoper Nolan menikmatinya lewat film Inception yang meraih pendapatan 825 juta dolar. Steven Spielberg lewat film box office Catch Me If You Can, yang dengan anggaran 52 juta dolar meraup penjualan tiket 354 juta dolar lewat pemutaran di berbagai penjuru dunia.

Singkat kata, film-film yang dibintangi Leonardo DiCaprio adalah film-film berkualitas. DiCaprio berhasil menjadikan film-film yang bukan waralaba sebagai mesin uang. Sejak 2002, seluruh film yang dibintanginya telah meraih pendapatan kotor 3,4 miliar dolar atau sekitar 264 juta dolar per film. Itu belum termasuk perolehan 70 juta dolar yang dibukukan film dokumenter Hubble 3D yang diputar di bioskop-bioskop IMAX di mana DiCaprio menjadi naratornya. [ab/uh]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG