Tautan-tautan Akses

AS

Lembaran Dolar AS akan Tampilkan Tokoh Perempuan


Thomas Ferguson, mantan direktur Bureau of Engraving and Printing, memegang lembaran $10.

Thomas Ferguson, mantan direktur Bureau of Engraving and Printing, memegang lembaran $10.

Lembaran $10 cetakan tahun 2020 akan menampilkan potret seorang tokoh perempuan Amerika.

Gambar baru tersebut akan menggantikan Alexander Hamilton, Menteri Keuangan AS pertama, yang wajahnya ditampilkan pada lembaran $10 sejak akhir dekade 1920an. Desain baru pada uang dolar kertas $10 ini akan diluncurkan bertepatan dengan perayaan 100 tahun ratifikasi amandemen konstitusi yang memberikan perempuan hak untuk memilih.

Menteri Keuangan Jacob Lew mengumumkan rencananya untuk mengeluarkan desain baru tersebut pekan ini. Lew mengatakan Menteri Keuangan akan meluncurkan kampanye media sosial dan pertemuan-pertemuan dengan masyarakat berjudul "The New 10" untuk mengumpulkan ide wajah siapa yang harus dipilih untuk lembaran $10 yang baru. Keputusannya akan diambil tahun ini juga.

Wajah perempuan belum pernah ditampilkan dalam uang dolar kertas sejak 1896, ketika Martha Washington, istri presiden pertama AS, ditampilkan dalam sertifikat perak bernilai $1.

Sebelumnya, sudah ada kampanye online "Women on 20s," yang memiliki tujuan sama untuk menampilkan tokoh perempuan guna menggantikan wajah Andrew Jackson, presiden AS yang ke-7, pada lembaran $20. Sebagian besar suara yang masuk memilih Harriet Tubman, seorang budak perempuan kulit hitam yang melarikan diri dan membebaskan ribuan budak lainnya sebelum Perang Saudara.

Menteri Keuangan Lew mengatakan lembaran $10 dipilih karena pecahan uang kertas yang dijadwalkan akan didesain ulang. Selain wajah baru, lembaran uang hasil desain ulang nantinya akan memiliki fitur keamanan yang akan membuat uang ini semakin sulit untuk dipalsukan.

XS
SM
MD
LG