Tautan-tautan Akses

Legenda Sepakbola Pelé Tuntut Samsung Atas Foto Iklan


Legenda sepakbola Brazil Pelé berbicara dengan anak-anak dalam upacara peresmian alat pelempar bola teknologi baru di Rio de Janeiro, Brazil. (Foto: Dok)

Legenda sepakbola Brazil Pelé berbicara dengan anak-anak dalam upacara peresmian alat pelempar bola teknologi baru di Rio de Janeiro, Brazil. (Foto: Dok)

Meski iklan itu tidak menyebut Pelé, di dalamnya disertakan foto pria yang "sangat mirip" dengannya, dan foto pemain sepakbola dengan gaya tendangan khas legenda Brazil itu.

Legenda sepakbola Brazil Pelé telah menuntut Samsung Electronics Co untuk membayar ganti rugi sedikitnya US$30 juta, atas tuduhan penggunaan orang yang mirip dengannya dalam iklan yang dimuat surat kabar New York Times tanpa izin.

Menurut gugatan yang dimasukkan bulan ini ke pengadilan federal di Chicago, Samsung memasang iklan bulan Oktober untuk televisi berdefinisi tinggi setelah memutus negosiasi-negosiasi tahun 2013 untuk menggunakan identitas Pelé's untuk mempromosikan produk-produk mereka.

Pelé, 75, yang bernama asli Edson Arantes do Nascimento, secara luas dianggap sebagai pemain sepakbola terhebat yang pernah ada dan termasuk salah satu atlet paling terkenal di dunia.

Meski iklan itu tidak menyebut Pelé, di dalamnya disertakan foto pria yang "sangat mirip" dengannya, dan foto lain berukuran kecil dari seorang pemain sepakbola "melakukan tendangan modifikasi sepeda atau gunting, yang disempurnakan dan dikenal sebagai gaya Pelé," menurut tuntutan tersebut.

Pelé bergantung pada sponsor untuk sebagian besar pendapatannya, dan iklan tersebut dapat merusak harga dan membuat konsumen bingung dan percaya ia mengiklankan produk-produk Samsung, lanjut gugatan itu.

"Tujuannya adalah untuk mendapatkan kompensasi yang adil atas penggunaan identitas Pele tanpa izin, dan untuk mencegah penggunaan-penggunaan tanpa izin di masa yang akan datang," ujar pengacara Pelé, Frederick Sperling, dalam wawancara lewat telepon.

Juru bicara Samsung, Danielle Meister Cohen, menolak berkomentar.

Sperling juga mewakili mantan bintang Chicago Bulls Michael Jordan, dan membantunya memenangkan gugatan senilai $8,9 juta Agustus lalu melawan Dominick's Finer Foods atas penggunaan identitas atlet it dalam iklan di majalah Sports Illustrated.

Jordan kemudian berdamai dengan jumlah kompensasi yang tidak diungkap ke publik. [hd]

XS
SM
MD
LG