Tautan-tautan Akses

Ledakan di Pasar Afghanistan Tewaskan 9 Orang


Militer Afghanistan melakukan upacara pemakaman bagi Arsala Rahmani, anggota senior Dewan Perdamaian Tinggi Afghanistan yang ditembak tewas di Kabul (14/5).

Militer Afghanistan melakukan upacara pemakaman bagi Arsala Rahmani, anggota senior Dewan Perdamaian Tinggi Afghanistan yang ditembak tewas di Kabul (14/5).

Pejabat-pejabat Afghanistan mengatakan ledakan bom di salah satu pasar di Afghanistan utara menewaskan sedikitnya 9 orang, termasuk seorang pejabat lokal.

Polisi mengatakan ledakan hari Senin menghantam sebuah toko di propinsi Faryab. Seorang anggota dewan termasuk yang tewas oleh bom yang diledakkan dengan remote control itu.

Tidak jelas siapa yang bertanggung jawab atas serangan, yang terjadi sehari setelah seorang juru runding perdamaian senior ditembak mati di ibukota, Kabul. Arsala Rahmani adalah salah satu anggota senior Dewan Perdamaian Tinggi Afghanistan yang beranggotakan 70 orang.

Ratusan orang yang berkabung menghadiri pemakaman Rahmani hari Senin. Seorang pengawal kehormatan militer mengusung keranda jenazah mantan pejabat tinggi Taliban itu ke makamnya di Kabul.

Kelompok pemberontak membantah bertanggung jawab atas pembunuhan Rahmani.

Para pejabat Afghanistan memperkirakan kekerasan akan meningkat setelah kelompok pemberontak itu baru-baru ini mengumumkan awal serangan musim semi mereka. Pasukan Afghanistan kini semakin banyak mengambil alih urusan keamanan, selagi pasukan tempur internasional mulai ditarkik mundur dengan tenggat waktu 2014.

Hari Minggu, Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengumumkan dimulainya fase ketiga dari lima fase transisi keamanan itu. Dalam tahap ketiga, pengawasan keamanan akan dialihkan dari pasukan internasional ke pasukan Afghanistan diseluruh ibukota propinsi Afghanistan, dan semua propinsi Uruzgan, Kapisa dan Parwan.

Presiden Karzai mengatakan setelah fase itu rampung, 75 persen dari seluruh populasi Afghanistan akan berada di bawah pengawasan Afghanistan.
XS
SM
MD
LG