Tautan-tautan Akses

2 Ledakan Kuat di Ibukota Somalia, 12 Orang Tewas


Bangunan yang hancur akibat ledakan bom di distrik Hamarweyne, Mogadishu, Somalia, Jumat malam (26/2).

Bangunan yang hancur akibat ledakan bom di distrik Hamarweyne, Mogadishu, Somalia, Jumat malam (26/2).

Saksi mata mengungkapkan, setidaknya 12 tewas dan lebih dari 30 lainnya terluka dalam dua ledakan kuat dan penembakan di ibukota Somalia Jumat (26/2) malam.

Para saksi mata melaporkan, satu truk sarat bahan peledak diledakkan di pos pemeriksaan keamanan di dekat Hotel SYL di Mogadishu sekitar pukul 7:45 Jumat (26/2) malam waktu setempat.

Kepada VOA, Menteri Keamanan Somalia Abdirizak Omar Mohamed mengatakan, lima anggota badan keamanan nasional tewas di pos pemeriksaan itu. Ia mengatakan, pengemudi yang bunuh diri juga tewas.

Beberapa saat kemudian, tiga orang bersenjata keluar dari mobil dan mulai melepas tembakan dalam upaya membuka jalan masuk ke Hotel SYL tetapi pasukan keamanan memblokir mereka. Mohamed mengatakan pasukan keamanan dan penjaga hotel menembak dan menewaskan tiga militan sebelum mereka sampai ke hotel.

Saksi mata mengukuhkan, militan Al-Shabab tidak bisa memasuki hotel. Mohamed memuji pasukan keamanan yang bertindak cepat. Pada pukul 8:15 malam, mobil kecil kedua yang digunakan orang-orang bersenjata itu diledakkan, menambah jumlah korban dan kerusakan serta menimbulkan kebingungan di lokasi kejadian.

Pemerintah Somalia sejauh ini mengukuhkan kematian 10 orang termasuk setidaknya empat penyerang. Saksi mata dan sumber keamanan mengatakan jumlah korban tewas dua kali angka itu.

Petugas-petugas di Rumahsakit Medina dan Dar-al-Shifa di Mogadishu melaporkan menerima lebih dari 30 orang terluka, setidaknya enam dari mereka dalam kondisi serius. Pejabat-pejabat keamanan mengatakan penilaian awal terhadap serangan itu menunjukkan bom truk pertama merupakan ledakan "paling kuat" yang digunakan Al-Shabab di ibukota Mogadishu dalam beberapa tahun.

Foto-foto yang diambil wartawan lokal menunjukkan ledakan bom truk menimbulkan bola api besar di atas kota. Saksi mata di restoran Peace Garden di dekat lokasi kepada VOA di Mogadishu mengatakan dampak bom truk itu merusak jendela dan dinding restoran. Ia sempat berpikir ledakan terjadi di dalam restoran. Wartawan VOA melaporkan ledakan kuat itu merusak banyak bangunan di dekatnya.

Militan al-Shabab mengaku bertanggungjawab atas serangan itu. [ka]

XS
SM
MD
LG