Tautan-tautan Akses

Ledakan Dekat Hotel Pengamat PBB di Suriah Cederai 3 Orang


Petugas pemadam kebakaran memadamkan kobaran api akibat ledakan bom di sebuah hotel di Damaskus hari Rabu (15/8).

Petugas pemadam kebakaran memadamkan kobaran api akibat ledakan bom di sebuah hotel di Damaskus hari Rabu (15/8).

Televisi pemerintah Suriah mengatakan sebuah bom meledak dekat hotel yang digunakan oleh para pengamat PBB di Damaskus, mencederai tiga orang.

Laporan tersebut mengatakan ledakan hari Rabu itu disebabkan oleh bom yang ditempatkan pada sebuah truk bahan bakar.

Wakil Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad mengatakan tidak ada pemantau PBB yang cedera dalam ledakan itu. Dia juga meminta masyarakat internasional untuk “bekerjasama melawan terorisme.”

Dewan Keamanan PBB akan membicarakan situasi di Suriah hari Kamis, beberapa hari sebelum mandat misi pengamat PBB berakhir tanggal 19 Agustus.

Surat-kabar resmi Tiongkok, People’s Daily, hari Rabu mengecam negara-negara Barat karena berbicara tentang kemungkinan zona larangan terbang di Suriah, dengan mengatakan pernyataan demikian merongrong usaha-usaha mediasi PBB dan merusak persatuan Dewan Keamanan.

Surat-kabar itu juga menegaskan kembali komitmen Tiongkok pada solusi diplomatik terhadap krisis Suriah. Tiongkok bergabung dengan Rusia dalam memveto resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengancam Suriah dengan sanksi-sanksi karena menggunakan senjata berat terhadap kaum sipil.

Sementara itu, Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang beranggota 57 negara itu sedang mengadakan pertemuan puncak di Mekah setelah setuju untuk merekomendasi agar Suriah diskors dari organisasi itu. Menteri luar negeri Iran – salah satu sekutu terkuat Suriah – mengatakan negaranya tidak akan pernah menerima usulan tersebut.
XS
SM
MD
LG