Tautan-tautan Akses

Ledakan Bom Tewaskan 2 Tentara Pakistan


Pasukan Pakistan melakukan patroli di Ditta Kheil, Waziristan utara dekat perbatasan Afghanistan (foto: dok).

Pasukan Pakistan melakukan patroli di Ditta Kheil, Waziristan utara dekat perbatasan Afghanistan (foto: dok).

Pihak berwenang Pakistan mengatakan sebuah ledakan bom telah menewaskan dua tentara Pakistan di sebelah barat laut negara itu, dekat perbatasan Afghanistan.

Bom yang diledakkan dari jarak jauh itu menghancurkan sebuah kendaraan dalam konvoi militer hari Sabtu di pinggiran Miran Shah, kota utama di daerah kesukuan Waziristan Utara. Belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, tapi wilayah itu merupakan kubu Taliban dan militan-militan terkait Al-Qaida.

Hari Jumat ledakan bom mobil menewaskan sedikitnya 13 orang di propinsi Baluchistan. Polisi mengatakan bom itu meledak di luar sebuah rumah di Quetta, yang digunakan oleh keluarga mantan menteri propinsi Naseer Mengal.

Sejauh ini belum ada keterangan apapun soal apakah Naseer Mengal atau anggota keluarganya ikut menjadi korban. Belum ada yang mengklaim tanggungjawab.

Baluchistan telah menjadi pusat pemberontakan kawasan selama bertahun-tahun dengan kelompok militan separatis berjuang untuk memperoleh otonomi yang lebih luas dan kontrol yang lebih besar atas sumber alam. Propinsi yang berbatasan dengan Iran dan Afghanistan itu selama ini menjadi kubu militan pro-Taliban.


XS
SM
MD
LG