Tautan-tautan Akses

Ledakan Bom Guncang Malam Pemilu di Irak, 10 Tewas


Polisi Irak memeriksa lokasi ledakan bom bunuh diri di sebuah TPS di Kirkuk, 290 kilometers utara Baghdad (28/4).

Polisi Irak memeriksa lokasi ledakan bom bunuh diri di sebuah TPS di Kirkuk, 290 kilometers utara Baghdad (28/4).

Dalam pernyataan Senin malam (28/4), Sekjen PBB Ban Ki-moon mendesak para pemimpin Irak agar memastikan semua orang dapat ikut ambil bagian dalam proses politik itu.

Dua bom meledak di Irak, menewaskan sedikitnya 10 orang, sehari sebelum negara itu menyelenggarakan pemilu nasional pertama, sejak penarikan pasukan Amerika tahun 2011. Kedua ledakan itu terjadi hari Selasa di al-Saadiyah, sekitar 140 kilometer dari Baghdad.

Serangkaian serangan hari Senin (28/4)di Baghdad dan wilayah-wilayah di utara ibukota itu menewaskan sedikitnya 50 orang.

Irak mulai pemungutan suara awal Senin pagi bagi mereka yang akan berhalangan memberikan suara hari Rabu. Mereka ini termasuk pasukan keamanan, staf rumah sakit dan penjara, serta para pasien dan narapidana.

Kalangan analis mengatakan para pemilih kemungkinan besar akan memberikan suara sesuai garis sektarian dan etnis, dan tidak ada partai yang akan memenangkan mayoritas.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengutuk serangan-serangan yang menarget para pemimpin politik dan para caleg di Irak. Dalam pernyataan Senin malam, ia mendesak para pemimpin Irak agar memastikan semua orang dapat ikut ambil bagian dalam proses politik itu.

Sekretaris Jenderal Ban Ki-moon juga memuji komisi pemilihan umum Irak yang telah menyelenggarakan pemilu secara tepat waktu, dan menyebut pemilu itu sebagai “tonggak penting dalam transisi demokrasi di Irak.
XS
SM
MD
LG