Tautan-tautan Akses

Ledakan Bom Guncang Irak, 3 Tewas


Peziarah muslim Syiah Irak melakukan upacara keagamaan di kota suci Karbala (foto: dok.).

Peziarah muslim Syiah Irak melakukan upacara keagamaan di kota suci Karbala (foto: dok.).

Sebuah bom yang diletakkan di bawah mobil yang diparkir, meledak di dekat kota suci Karbala saat peziarah Syiah berkumpul di sana.

Setidaknya tiga orang tewas akibat ledakan dua bom di Irak hari Jumat. Pejabat-pejabat keamanan mengatakan satu bom, yang diletakkan di bawah mobil yang diparkir, meledak di dekat kota suci Karbala, menewaskan setidaknya dua orang. Ledakan itu terjadi ketika ribuan peziarah Syiah berkumpul untuk acara keagamaan di kota tersebut.

Sementara itu, pejabat-pejabat mengatakan satu bom pinggir jalan meledak di Baghdad, menewaskan satu orang dan menyebabkan tiga orang luka-luka.

Ledakan itu terjadi ketika Amerika bergerak maju dengan rencana menarik pasukannya dari Irak menjelang akhir tahun ini. Pejabat-pejabat Amerika dan Irak menyatakan prihatin akan kemampuan Irak mengatasi keamanan setelah penarikan itu.

Dalam perkembangan terpisah hari Jumat, pejabat-pejabat Irak mengumumkan rencana mengeksekusi dua saudara tiri mantan Presiden Saddam Hussein, setelah mereka diserahkan pejabat Amerika.

Watban Ibrahim al-Hassan dan Sabawi Ibrahim al-Hassan dijatuhi hukuman mati tahun 2009 karena ikut mengakibatkan kematian puluhan pedagang Baghdad tahun 1992.

Amerika juga menyerahkan mantan Menteri Pertahanan Sultan Hashim Ahmed dan beberapa pejabat tinggi lain sebagai bagian dari pengalihan sekitar 200 tahanan di penjara Baghdad.

Amerika telah mengalihkan fasilitas-fasilitas yang selama ini di bawah kendalinya kepada Irak, menjelang penarikan tentaranya bulan Desember.

XS
SM
MD
LG