Tautan-tautan Akses

Tiga Ledakan Bom di Baghdad Tewaskan 23 Orang


Polisi Irak meningkatkan pemeriksaan keamanan di pusat kota Baghdad (23/6).

Polisi Irak meningkatkan pemeriksaan keamanan di pusat kota Baghdad (23/6).

Satu bom menarget sebuah mesjid Syiah dan dua lainnya meledak di dekat pasar yang penuh orang berbelanja hari Kamis sore.

Pejabat-pejabat keamanan Irak mengatakan tiga bom merobek perkampungan Syiah di Baghdad Kamis sore, menewaskan sedikitnya 23 orang dan melukai 107 lainnya. Sementara, sumber-sumber di tiga rumah sakit setempat mengatakan, sedikitnya 34 orang tewas dalam serangan ini.

Para pejabat Kementerian Dalam Negeri mengatakan ledakan-ledakan itu terjadi dalam selang waktu singkat di Baghdad barat daya. Satu bom menarget sebuah mesjid Syiah dan dua lainnya meledak di dekat pasar yang penuh orang berbelanja.

Bom-bom di pasar itu diangkut dalam kereta kayu yang biasa dipakai untuk mengangkut barang-barang dagangan. Belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas ledakan-ledakan itu.

Juga hari Kamis, seorang kontraktor Amerika tewas dalam serangan bom terpisah di Baghdad. Juru bicara kedutaan Amerika, David Ranz mengatakan tiga warga sipil lainnya terluka dalam serangan itu, termasuk seorang warga Amerika.

Irak telah dilanda oleh serangkaian pemboman dan penembakan pekan ini. Hari Rabu, kawanan bersenjata di Baghdad menembaki iring-iringan yang membawa para pejabat perminyakan Iran, melukai dua pengawal Irak yang melindungi mereka.

Dalam serangan lain hari Rabu, sebuah bom mobil meledak di Baghdad barat, menewaskan seorang pejalan kaki dan melukai sedikitnya sembilan orang lainnya. Empat serangan bom lain, beberapa di antaranya menarget patroli polisi Irak, melukai sedikitnya 18 orang.

XS
SM
MD
LG