Tautan-tautan Akses

Lech Walesa Resmikan Patung Ronald Reagan di Warsawa


Patung mantan Presiden AS, mendiang Ronald Reagan diresmikan di Warsawa, Polandia (21/11).

Patung mantan Presiden AS, mendiang Ronald Reagan diresmikan di Warsawa, Polandia (21/11).

Peresmian patung di Warsawa itu dilakukan untuk menghormati jasa Reagan karena mengilhami jatuhnya komunisme di Polandia.

Mantan presiden Polandia dan pemimpin oposisi Lech Walesa telah membuka tabir patung Ronald Reagan di Warsawa, menghormati mantan presiden Amerika itu karena mengilhami jatuhnya komunisme di Polandia.

Dalam sebuah upacara di ibukota Polandia itu hari Senin, Walesa mengatakan Polandia tidak akan bebas seperti sekarang tanpa Reagan.

Ronald Reagan adalah presiden Amerika tahun 1981-1989 dan dikenang karena sikap kerasnya terhadap Uni Soviet.

Patung perunggu setinggi tiga setengah meter itu berdiri di seberang Kedutaan Besar Amerika di Warsawa pusat. Patung itu menggambarkan Reagan yang tersenyum pada saat bersejarah bulan Juni 1987, ketika dia menyampaikan pidato di Berlin di mana ia menantang Mikhail Gorbachev, pemimpin Uni Soviet ketika itu, dengan mengatakan “runtuhkan tembok ini.” Reagan ketika itu mengacu pada Tembok Berlin, yang menegaskan Perang Dingin dan pembagian antara Eropa timur dan barat.

Negara-negara Eropa timur lain, termasuk Hungaria, juga telah meresmikan monumen untuk Reagan tahun ini, untuk memperingati 10 tahun hari kelahirannya.

XS
SM
MD
LG