Tautan-tautan Akses

Lech Walesa akan ke New York untuk Dukung Demo Anti-Wall Street


Mantan pemimpin Solidaritas Polandia dan penerima Nobel perdamaian, Lech Walesa (foto: dok), akan mendukung demo di New York.

Mantan pemimpin Solidaritas Polandia dan penerima Nobel perdamaian, Lech Walesa (foto: dok), akan mendukung demo di New York.

Mantan pemimpin Solidaritas Polandia mengatakan sebagai penerima Nobel Perdamaian, ia berkewajiban memberi reaksi protes di New York.

Lech Walesa – mantan presiden Polandia dan aktivis hak pekerja mengatakan akan berangkat ke New York untuk mendukung gerakan “Occupy Wall Street”.

Lech Walesa memberitahu harian Polandia – Dziennik Wschodni – hari Rabu mengatakan ia menerima undangan dari Matthew Blair – pengatur protes itu. Mantan pengurus serikat pekerja itu mengatakan sebagai penerima penghargaan Nobel Perdamaian, ia berkewajiban memberi reaksi.

Lech Walesa merupakan pemimpin gerakan massa “Solidaritas” di Polandia, yang berawal di galangan kapal Gdansk tahun 1980an dan memperoleh dukungan dunia. Ia mengatakan ribuan orang yang berkumpul di Wall Street New York khawatir akan masa depan mereka dan masa depan negaranya, dan hal ini merupakan sesuatu yang bisa dipahaminya.

Sebagai penggiat gerakan anti-komunis, Lech Walensa membantu mengarahkan negerinya menjadi ekonomi pasar-bebas. Tetapi ia mengatakan kapitalisme kini berada dalam krisis dan jika tidak melakukan sesuatu maka hal ini dapat berakhir pada akhir abad ini.

Ribuan demonstran berunjukrasa di New York dan kota-kota lain di Amerika memprotes ketidakadilan ekonomi dan ketamakan perusahaan.

XS
SM
MD
LG