Tautan-tautan Akses

LeBron, Cavaliers Menang Dramatis dalam Final NBA


LeBron James dari Cleveland Cavaliers (tengah) merayakan kemenangan dalam final NBA melawan Golden State Warriors di Oakland, California (19/6). (AP/Eric Risberg)

LeBron James dari Cleveland Cavaliers (tengah) merayakan kemenangan dalam final NBA melawan Golden State Warriors di Oakland, California (19/6). (AP/Eric Risberg)

Cavaliers sempat tertinggal 1-3 namun akhirnya mengejar ketinggalan dan menang pada pertandingan terakhir babak final.

Klub basket Cleveland Cavaliers mengakhiri kekeringan gelar selama puluhan tahun pada Minggu malam (19/6) di kota itu dengan mengalahkan Golden State Warriors 93-89 dalam game ketujuh penentuan babak final Asosiasi Bola Basket Nasional (NBA).

Cavaliers meraih gelar juara kembali setelah 52 tahun untuk kota Cleveland, di mana dalam beberapa kali kesempatan klub itu hampir meraih gelar juara namun akhirnya gagal.

Ini juga menandai momen istimewa bagi karier LeBron James, bintang Cavaliers yang besar di dekat Akron, Ohio. Ia direkrut klub Cavaliers ketika memasuki liga basket tahun 2003, tetapi meninggalkan klub itu karena hubungan yang kurang baik dan pindah ke Miami. Ia meraih gelar juara dua kali sebelum akhirnya kembali ke Cleveland musim lalu.

"Saya pulang. Ini alasannya mengapa saya kembali," kata LeBron James setelah mendapat gelar Pemain Paling Bernilai (MVP). Ia mengatakan kemenangan ini sangat berharga untuknya. "Cleveland, ini untuk kalian semua!"

Cavaliers juga melakukan sesuatu yang belum pernah dicapai dalam sejarah liga basket NBA, setelah tertinggal 1-3 namun akhirnya mengejar ketinggalan dan menang pada pertandingan terakhir babak final. [zb]

XS
SM
MD
LG