Tautan-tautan Akses

Lebih Setengah Milyar Warga Tiongkok Gunakan Internet


Para remaja Tiongkok menggunakan komputer untuk mengakses internet di sebuah Internet cafe di Beijing (foto: dok). Tiongkok mempunyai jumlah pengguna internet terbesar di dunia.

Para remaja Tiongkok menggunakan komputer untuk mengakses internet di sebuah Internet cafe di Beijing (foto: dok). Tiongkok mempunyai jumlah pengguna internet terbesar di dunia.

Pusat Informasi jaringan Internet Tiongkok mengatakan hari Senin (16/1) pengguna Internet di Tiongkok telah mencapai 513 juta orang pada akhir tahun 2011, meningkat 12 persen dari tahun 2010.

Para pejabat Tiongkok mengatakan jumlah pengguna Internet di Tiongkok telah meningkat hingga lebih dari setengah milyar orang.

Hampir separuh dari masyarakat pengguna Internet Tiongkok memanfaatkan situs jejaring sosial atau microblogging yang disebut Weibos di Tiongkok. Weibos sama dengan Twitter, jejaring sosial untuk para microblogger yang paling populer di dunia tetapi dilarang di Tiongkok.

Pusat Informasi jaringan Internet Tiongkok mengatakan hari Senin masyarakat Internet Tiongkok telah meningkat ke 513 juta orang pada akhir tahun 2011, peningkatan 12 persen dari tahun 2010. Mereka mengatakan jumlah orang yang menjelajah Internet dengan telepon genggam meningkat 17,5 persen menjadi 356 juta orang.

Weibos adalah tantangan besar bagi pemerintah dalam usaha mengontrol arus informasi di negara yang berpenduduk terbesar di dunia itu. Pemerintah Tiongkok memblokir isi Internet yang diyakininya mencurigakan dari segi politik. Partai Komunis khawatir akan kekuatan Internet dalam mempengaruhi pendapat umum.

Dalam usaha untuk meningkatkan pengawasan atas Weibos, beberapa pemerintah kota sekarang mengharuskan pengguna Internet untuk mendaftar dengan nama mereka yang sesungguhnya, untuk mempermudah pihak berwenang dalam melacaknya.

XS
SM
MD
LG