Tautan-tautan Akses

Lebih dari Setengah Populasi Dunia Tidak Terhubung ke Internet


Seorang pria menunjukkan layar ponselnya yang memperlihatkan aplikasi transaksi keuangan di pasar di Kibera, Nairobi di Kenya.
Seorang pria menunjukkan layar ponselnya yang memperlihatkan aplikasi transaksi keuangan di pasar di Kibera, Nairobi di Kenya.

Terhubung ke internet penting untuk meningkatkan taraf hidup banyak orang, menurut ahli teknologi dan pejabat pemerintah.

Menurut Bank Dunia, saat ini sembilan miliar perangkat seluler terhubung ke internet, namun lebih dari setengah populasi dunia masih tidak terhubungkan.

Ahli-ahli teknologi dan para pejabat pemerintah mengatakan keterhubungan dengan internet penting untuk memperbaiki taraf hidup banyak orang.

"Ada perlawanan besar dalam hal korupsi, transparansi, dan keterbukaan, dan teknologi betul-betul sebuah kendaraan untuk memastikan transaksi apapun yang terjadi dapat dilihat. Semuanya digital," ujar Joe Mucheru, sekretaris kabinet Kenya dari Kementerian Informasi, Komunikasi dan Teknologi.

Namun masih ada wilayah-wilayah di dunia ini yang tidak terhubungkan, ujar Hilton Romanski, wakil presiden senior dan kepala urusan strategi di Cisco, sebuah perusahaan teknologi multinasional di AS.

"Di Afrika, di Asia Tenggara ada wilayah besar...populasi yang tidak terhubungkan (dengan internet)," ujarnya.

Denis O'Brien, kepala perusahaan ponsel Digicel, mengatakan begitu orang-orang mulai menggunakan ponsel pintar, mereka mengurangi berbicara dan menggunakan lebih banyak data, sehingga layanan kecepatan tinggi atau broadband menjadi suatu keharusan.

Sukarelawan Palang Merah menggunakan ponsel untuk mengumpulkan informasi kesehatan di daerah pedesaan di Kenya. (Foto: IFRC)
Sukarelawan Palang Merah menggunakan ponsel untuk mengumpulkan informasi kesehatan di daerah pedesaan di Kenya. (Foto: IFRC)

Ia mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur di negara-negara berkembang merupakan tantangan, terutama di pedesaan karena nilai bisnisnya kecil.

Para ahli teknologi mengatakan bahwa sektor publik dan swasta perlu bekerjasama untuk membawa internet ke daerah-daerah terpencil dan berkembang, dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Negara manapun yang ingin menciptakan investasi dan menjadi lokasi investasi untuk menciptakan lapangan pekerjaan, hal pertama yang diperlukan adalah broadband," ujar O'Brien.

Apakah teknologi jawabannya?

Kentaro Toyama, profesor madya untuk informasi komunitas di University of Michigan, memperingatkan negara-negara berkembang yang melihat teknologi sebagai solusi untuk pertumbuhan ekonomi. Ia mengamati bahwa masalah-masalah sosial tidak berhenti di AS seiring perkembangan teknologi digital dalam 45 tahun terakhir.

"Dalam jangka waktu yang sama, negara ini menghadapi peningkatan ketidaksetaraan," ujarnya. "Penghasilan tingkat menengah telah menurun."

Toyama menambahkan bahwa di negara-negara berkembang, ponsel sendiri tidak dapat membantu orang-orang yang tidak berpendidikan dan kurang terampil dari segi teknologi, "orang-orang seperti buruh di lahan pertanian, di mana tidak terlalu berpengaruh apakah ada akses ke makalah riset agronomi terbaru sebagai cara meningkatkan pertanian."

Namun O'Brien mengatakan, "begitu mendapat broadband, Anda dapat mengedukasi orang," ujarnya. "Anda dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang-orang, dan dari segi pertanian akan menjadi jauh lebih efisien."

Orang suku Maasai menggunakan ponsel di desa Mbirukani di Kajiado, Kenya, Juni 2015.
Orang suku Maasai menggunakan ponsel di desa Mbirukani di Kajiado, Kenya, Juni 2015.

Ia juga menunjuk pada perbedaan-perbedaan budaya di masing-masing negara.

Berdasarkan situasi di Kenya, Mucheru mengatakan, "Internet akan membuat perubahan. Ini penting bagi masyarakat. Saya kira fakta bahwa mungkin orang-orang di Barat belum keluar dari kemiskinan karena tidak menggunakan ponsel mereka, hal itu tidak sama untuk Afrika."

Romanski dari Cisco mengatakan perlu kerjasama antara sektor swasta, pemerintah dan nirlaba untuk memaksimalkan dampak teknologi.

"Semua pihak harus bersatu untuk mendorong perubahan budaya yang benar dan pendidikan yang benar untuk negara-negara ini agar pasar negara berkembang dapat menikmati manfaat pertumbuhan ekonomi jangka panjang," ujarnya.

Para ahli sepakat bahwa perubahan positif di sebuah negara dapat terjadi jika pendidikan mengenai teknologi digabungkan dengan kebijakan-kebijakan yang tepat. [hd/dw]

XS
SM
MD
LG