Tautan-tautan Akses

AS

Lebih Dari $5 Juta Terkumpul untuk Korban Penembakan Orlando


Jean Dasilva duduk di memorial untuk para korban pembantaian di Orlando, berduka cita atas kematian sahabatnya Javier Jorge-Reyes (14/6) di Orlando, Florida. (AP/David Goldman)

Jean Dasilva duduk di memorial untuk para korban pembantaian di Orlando, berduka cita atas kematian sahabatnya Javier Jorge-Reyes (14/6) di Orlando, Florida. (AP/David Goldman)

Sumbangan akan diberikan kepada para korban dan keluarganya, juga komunitas LGBT yang memerlukan.

Para donor korporat dan individu telah menyumbang lebih dari US$5,3 juta untuk membantu para korban penembakan massal di sebuah klub malam gay di Florida, Minggu (12/6), oleh seorang pria bersenjata yang membunuh 49 orang dan melukai 53 lainnya.

Para penyelidik di Amerika sedang menggali apa yang memotivasi Omar Mateen, 29, untuk menyerang klub dansa Pulse di pusat kota Orlando, termasuk apakah ia terinspirasi ideologi Islamis militan dan adanya laporan yang mengindikasikan ia bergulat dengan identitas seksualnya sendiri.

Mateen, seorang warga negara AS yang lahir di New York dari orangtua imigran Afghanistan, ditembak mati oleh polisi setelah penyanderaan selama tiga jam.

Kelompok hak-hak gay Equality Florida membuka sebuah halaman di laman penggalangan dana GoFundMe.com, yang telah mengumpulkan $3,6 juta dari lebih dari 80.000 donor pada Selasa sore.

"Kami tidak tahu berapa biaya total bagi para korban kejahatan kebencian yang mengerikan ini, jadi kami berupaya mengumpulkan sebanyak mungkin dan membagi dana tersebut secepat mungkin," ujar Equality Florida dalam pernyataan di halaman penggalangan dana tersebut.

Kelompok itu mengatakan akan bekerja dengan Pusat Nasional untuk Korban Kejahatan untuk mendistribusikan dana tersebut.

Secara terpisah, sebuah kampanye yang dipimpin Walikota Orlando Buddy Dyer telah menerima donasi termasuk $1 juta dari Walt Disney Co, yang telah menerima kunjungan jutaan orang di Walt Disney World Resort di daerah Orlando, menurut perusahaan itu dan pejabat pemerintah kota.

Sumbangan kepada program OneOrlandoFund yang dibuat walikota akan dibagikan melalui Yayasan Central Florida dan akan mendukung lembaga-lembaga swadaya masyarakat yang membantu para korban dan keluarganya, komunitas Hispanik dan juga komunitas lesbian, gay, biseksual dan transgender, menurut pernyataan Dyer di laman pemkot Orlando.

Selain kontribusi Disney, sedikitnya $750.000 dari donasi lain telah diberikan kepada OneOrlandoFund, ujar Dyer. [hd/dw]

XS
SM
MD
LG