Tautan-tautan Akses

Lebih dari 30 Orang Tewas dalam Serangan Boko Haram di Niger


Peta Niger

Peta Niger

Niger mengatakan ratusan ekstremis Boko Haram menyerang sebuah pos militer hari Jumat, menewaskan sedikitnya 32 tentara dan melukai hampir 70 orang lainnya di dekat daerah selatan, perbatasan dengan Nigeria dan Chad.

Kementerian Pertahanan Niger mengatakan para penyerang membakar rumah-rumah dan toko-toko di dekat Bosso, sebelum melarikan diri Sabtu pagi dengan membawa senjata dan amunisi.

Boko Haram telah mengklaim bertanggung jawab, katanya 35 tentara mereka tewas. Kelompok Islamis yang berbasis di Nigeria itu menjanjikan dukungan bagi kelompok ekstrimis ISIS tahun lalu.

Militer Niger mengatakan telah meluncurkan serangan balasan dengan angkatan udara dan pasukan darat. Pejabat-pejabat pertahanan dikutip oleh kantor berita Prancis mengatakan sedikitnya 19 orang penyerang tewas.

Wilayah, yang dikenal sebagai Lake Chad Basin, menjadi target ratusan serangan Boko Haram yang telah menewaskan sedikitnya 20 ribu orang dan memaksa hampir 3 juta orang mengungsi sejak para militan melancarkan pemberontakan pada tahun 2009.

Kelompok militan, yang berusaha membentuk sebuah negara Islam di Nigeria utara itu, juga telah berulang kali melakukan serangan di dekat Kamerun. [zb]

XS
SM
MD
LG