Tautan-tautan Akses

Lebih Banyak Radiasi Ditemukan Dalam Air Dekat Tokyo


Para ibu menerima pembagian botol air di Tokyo, Kamis (24/3).

Para ibu menerima pembagian botol air di Tokyo, Kamis (24/3).

Kadar radiasi yang dianggap berbahaya bagi bayi telah dideteksi dalam pasokan air beberapa kota di dekat Tokyo.

Para pejabat Jepang mengatakan, kadar radiasi yang dianggap berbahaya bagi bayi telah dideteksi dalam pasokan air beberapa kota dekat Tokyo, selagi negara itu semakin cemas tentang kontaminasi yang menyebar dari pembangkit nuklir yang rusak.

Kantor berita Kyodo melaporkan yodium radioaktif terdeteksi pada kadar tinggi dalam dua hari ini pada pasokan air di tiga prefektur (Ibaraki, Chiba, dan Tochigi).

Pejabat-pejabat hari Kamis menyatakan air ledeng Tokyo kembali aman bagi bayi setelah kadar radiasi turun dari tingkat yang berbahaya. Pernyataan tersebut tidak mencegah penduduk kota itu untuk memborong semua air botol yang tersedia di pasar-pasar dan mesin-mesin penjaja di kota itu.

Masyarakat Jepang didesak agar tidak menimbun air botol, yang diperlukan bagi sejumlah besar pengungsi akibat tsunami yang tinggal di tempat-tempat penampungan tanpa listrik atau air ledeng.

Radiasi juga telah ditemukan dalam susu dan sayuran yang berasal dari salah satu daerah luas sekitar PLTN Fukushima. Australia, Kanada, Rusia dan Singapura telah bergabung dengan Amerika dalam memberlakukan berbagai ketentuan baru atas ekspor pangan Jepang.

XS
SM
MD
LG