Tautan-tautan Akses

Lebih 300 Ribu Pengungsi Somalia akan Pulang dari Kenya dalam 4 Tahun


Foto dari udara sebagian dari wilayah Dadaab, Kenya Utara, yang menjadi kemah pengungsi terbesar di dunia (Foto: dok).

Foto dari udara sebagian dari wilayah Dadaab, Kenya Utara, yang menjadi kemah pengungsi terbesar di dunia (Foto: dok).

Para pejabat Somalia mengatakan mereka memperkirakan pemulangan bertahap lebih dari 300 ribu pengungsi warga Somalia dari Kenya dalam waktu empat tahun mendatang.

Para pejabat mengatakan hanya 5.500 orang sejauh ini telah kembali ke negara tersebut, tetapi mereka memperkirakan angka itu akan mencapai kira-kira 12 ribu sebelum akhir tahun ini, dan 75 ribu orang lagi diperkirakan akan pulang tahun depan. Para pejabat mengatakan mereka berencana memulangkan ke-320 ribu orang pengungsi Somalia sebelum akhir tahun 2019.

Pengumuman itu dikeluarkan setelah Perdana Menteri Somalia Omar Abdirashid Sharmarke, berkunjung ke kamp-kamp pengungsi hari Jumat (6/11). Pendahulunya, Abdiweli Sheikh Ahmed, berkunjung ke kamp-kamp tersebut setahun yang lalu.

Sharmarke mengatakan kedua kunjungan itu mencarminkan keprihatinan pemerintah mengenai penderitaan bekepanjangan pengungsi, banyak dari mereka melarikan diri dari Somalia hampir 25 tahun yang lalu. Ia mengatakan pemerintahannya sedang berusaha memastikan keadaan di lapangan memungkinkan pemulangan mereka.

Dalam pertemuan baru-baru ini di Brussels, para donor menjanjikan $500 juta bantuan untuk pemulangan itu, tetapi sejauh ini, kata para pejabat, hanya $ 105 juta telah diperoleh. [gp]

XS
SM
MD
LG