Tautan-tautan Akses

Lawatan Obama ke Asia Untuk Penciptaan Lapangan Kerja


Presiden Obama akan melawat negara-negara Asia untuk penciptaan lapangan kerja (Foto: dok).

Presiden Obama akan melawat negara-negara Asia untuk penciptaan lapangan kerja (Foto: dok).

Presiden Obama akan memulai agenda lawatannya ke Asia setelah menjadi tuan rumah KTT APEC di Honolulu, Hawaii.

Gedung Putih menyatakan kunjungan Presiden Barack Obama ke Asia sebagai kesempatan untuk menciptakan lapangan kerja, meningkatkan perdagangan, dan membuka pasar untuk barang-barang Amerika.

Pejabat Gedung Putih Daniel Russell mengatakan upaya Obama untuk menciptakan lapangan kerja secara langsung terkait dengan keterlibatan Amerika di kawasan Asia Pasifik. Ia mengatakan perdagangan dengan 21 negara anggota APEC mendukung jutaan pekerjaan di Amerika dan kemampuan Amerika mengekspor produk-produknya adalah penting bagi pertumbuhan ekonomi.

Russell juga mengatakan Obama berkomitmen untuk menyeimbangkan kembali wilayah Asia, di mana demokrasi mulai muncul dan pengaruh Tiongkok yang semakin besar. Dia mengatakan rakyat Amerika ingin tahu apakah Amerika dapat menjadi tonggak stabilitas dan memproyeksikan kepentingan Amerika di kawasan Pasifik.

Obama akan mengadakan pembicaraan terpisah dengan Presiden Tiongkok Hu Jintao, Presiden Rusia Dmitry Medvedev, dan Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda dalam KTT APEC.

Dia juga akan berkunjung ke Australia dan mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin Asia lainnya, termasuk Perdana Menteri India Manmohan Singh dalam KTT regional di Indonesia.

XS
SM
MD
LG