Tautan-tautan Akses

Lawan Penggusuran, Petani Vietnam Disambut Bak Pahlawan


Petani ikan Vietnam, Doan Van Vuon (kiri) menerima sambutan meriah dari warga di desanya (foto: dok).

Petani ikan Vietnam, Doan Van Vuon (kiri) menerima sambutan meriah dari warga di desanya (foto: dok).

Petani Vuon dan sebagian anggota keluarganya dihukum penjara pada tahun 2013 atas tuduhan percobaan membunuh tim penggusuran tanah negara.

Seorang petani ikan Vietnam, yang berkelahi dengan tim penggusuran tanah negara, dengan menggunakan senapan dan ranjau buatan sendiri, telah mendapat sambutan sebagai pahlawan dan kembali ke rumahnya setelah dibebaskan dari penjara.

Pembebasan dini bagi Doan Van Vuon dari hukuman penjara lima tahun terjadi dua hari sebelum Vietnam memperingati hari Nasionalnya yang ke-70 dengan parade militer besar dan amnesti masal bagi lebih dari 18.000 narapidana.

Video yang dimuat di media sosial memperlihatkan tetangga dan sanak saudara bertepuk-tangan dan bersorak-sorai selagi petani yang kini menjadi pahlawan itu, kembali ke ladangnya dengan senyum lebar, di mana ia pernah berkelahi dengan pasukan keamanan di utara kota Hai Phong.

Vuon mengatakan, ia terharu oleh banyaknya dukungan masyarakat dan gembira menjadi orang yang bebas.

Vuon dan sebagian anggota keluarganya dihukum dua sampai lima tahun pada tahun 2013 atas tuduhan percobaan membunuh karena berkelahi melawan tim penggusuran negara.

Tetapi petani dan keluarganya itu dipuji oleh banyak warga Vietnam sebagai pahlawan karena membela tanah mereka dengan sekuat tenaga.

XS
SM
MD
LG