Tautan-tautan Akses

Lavrov: Pertahanan Misil AS di Eropa Ancam Rusia


Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov berkunjung ke Washington hari ini (13/7).

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov berkunjung ke Washington hari ini (13/7).

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan rencana pertahanan misil Amerika bagi Eropa mengganggu hubungan dengan Amerika Serikat. Lavrov mengatakan di kedutaan Rusia di Washington hari Selasa bahwa Moskow yakin rencana Amerika itu mengancam keamanan Rusia dan dapat memaksa Rusia menanggapinya secara militer.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan di kedutaan Rusia di Washington hari Selasa bahwa Moskow yakin rencana Amerika itu mengancam keamanan Rusia dan dapat memaksa Rusia untuk menanggapinya secara militer.

Pertahanan misil mungkin akan mendominasi pembicaraan Lavrov dengan Presiden Barack Obama di Gedung Putih hari Rabu, dan pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton.

Masalah-masalah lain yang akan dibicarakan di Gedung Putih kemungkinan besar adalah usaha Rusia untuk menengahi masalah Libia dan keinginan Moskow untuk memasuki Organisasi Perdagangan Dunia.

Amerika Serikat sudah lama mengatakan tidak ada yang perlu dikhawatirkan Rusia sehubungan dengan rencana Amerika membangun sistem pertahanan misil di Eropa. Dikatakannya sitem itu bertujuan untuk menghadapi kemungkinan serangan dari Iran atau Korea Utara, dan bukan ditujukan terhadap Rusia atau negara manapun.

Obama telah membatalkan gagasan mantan Presiden George W. Bush untuk memusatkan pertahanan misil di Polandia dan Republik Ceko, dekat perbatasan Rusia, dan sebagai penggantinya adalah apa yang disebut pendekatan bertahap. Ini akan melibatkan pencegat yang berpangkalan di laut dan darat.

XS
SM
MD
LG