Tautan-tautan Akses

Laskar Kurdi Lancarkan Serangan Besar-Besaran Terhadap ISIS di Irak Utara


Seorang pejuang Kurdi bersiap di posisinya dalam pertempuran melon ISIS di Mosul, Irak Utara (21/1).

Seorang pejuang Kurdi bersiap di posisinya dalam pertempuran melon ISIS di Mosul, Irak Utara (21/1).

Para pejabat keamanan Kurdi dibantu oleh tiga serangan udara koalisi yang dipimpin Amerika dekat bendungan Mosul dan tiga lagi serangan udara dekat Tal Afar.

Laskar Kurdi telah melancarkan apa yang mereka sebut “serangan besar-besaran” terhadap ISIS di Irak utara. Para pejabat keamanan Kurdi mengatakan mereka melaksanakan operasi dekat bendungan Mosul.

Mereka dibantu oleh tiga serangan udara koalisi yang dipimpin Amerika dekat bendungan Mosul dan tiga lagi serangan udara dekat Tal Afar. Sejumlah gedung ISIS dan senjata berat dihancurkan.

Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi memberitahu Associated Press hari Rabu (21/1) bahwa serangan udara koalisi terhadap ISIS “sangat ampuh.” Tetapi, ia mengatakan pemerintahannya memperkirakan lebih banyak bantuan akan diberikan oleh masyarakat internasional.

Abadi menekankan perlunya bertempur di darat dan mengatakan latihan dari para penasehat militer internasional perlu berjalan dengan lebih cepat.

Presiden Amerika Barack Obama meminta kepada Kongres dalam pidato kenegaraannya hari Selasa (20/1) agar meluluskan rancangan undang-undang yang mengesahkan penggunaan senjata terhadap ISIS untuk menunjukkan “negara bersatu dalam misinya.”

Pasukan Amerika di Irak membantu melatih pasukan Irak dan tidak terlibat dalam pertempuran.​

XS
SM
MD
LG