Tautan-tautan Akses

Larangan Menikah Sesama Jenis di California Batal


Keputusan hakim dikeluarkan hampir dua tahun setelah warga California meloloskan secara tipisi referendum Proposition 8.

Keputusan seorang hakim federal Amerika memberikan kemenangan kepada para pasangan sejenis di California yang ingin menikah. Hakim distrik federal Amerika Vaughn Walker telah resmi membatalkan larangan pernikahan antara sesama jenis kelamin. Keputusan ini disambut meriah kelompok gay dan para aktivis hak-hak sipil di seluruh Amerika.

Keputusan Hakim Walker sudah lama ditunggu-tunggu dan keluarkan hampir dua tahun setelah rakyat negara bagian California itu menyetujui referendum bernama Proposition 8, yang mendefinisikan pernikahan sebagai ikatan antara seorang pria dan seorang wanita.

Rakyat California dengan selisih suara tipis menyetujui Proposition 8 pada bulan November tahun 2008, enam bulan setelah Mahkamah Agung negara bagian itu melegalisasi pernikahan sesama jenis kelamin. Pembela hak kaum homoseksual berusaha menggulingkan larangan itu, dengan mengatakan larangan tersebut melanggar pasal undang-undang dasar Amerika mengenai perlindungan yang sama berdasarkan undang-undang.

Para pendukung pernikahan sesama jenis.

Para pendukung pernikahan sesama jenis.

Walaupun ia telah mengeluarkan keputusan itu, Hakim Walker menangguhkan perintahnya sampai paling sedikit akhir pekan ini. Ini berarti , para pasangan sejenis belum tentu dapat melangsungkan pernikahan hingga sidang lanjutan memutuskan apakah penangguhan harus diperpanjang selama proses banding berlangsung. Para pendukung Proposition 8 telah memutuskan untuk naik banding atas keputusan Hakim Walker.

Para pakar hukum memperkirakan perdebatan hukum Proposition 8 ini masih belum akan berakhir. Kasus ini kemungkinan akan dikasasi sampai ke tingkat Mahkamah Agung Amerika, yang akan meninjau apakah perlakuan yang berbeda antara pernikahan sejenis dengan pernikahan heteroseksual, sesuai dengan Konstitusi Amerika.

XS
SM
MD
LG