Tautan-tautan Akses

Larangan Keluar Rumah di Boston Telah Dicabut


Polisi khusus melakukan pemeriksaan dari rumah ke rumah untuk mencari tersangka Dzhokar Tsarnaev di kota Watertown, Massachusetts, sementara warga diminta keluar rumah mereka (19/4).

Polisi khusus melakukan pemeriksaan dari rumah ke rumah untuk mencari tersangka Dzhokar Tsarnaev di kota Watertown, Massachusetts, sementara warga diminta keluar rumah mereka (19/4).

Meskipun salah seorang tersangka pelaku pemboman Maraton Boston belum ditemukan, namun larangan keluar rumah untuk wilayah Boston dan sekitarnya telah dicabut.

Hal ini diumumkan oleh Gubernur Massachusetts Deval Patrick dalam sebuah konferensi pers Jumat malam. Ia menambahkan layanan angkutan umum juga telah beroperasi kembali.

“Kami merasa yakin akan status investigasi sekarang ini, dan karena itu kita bisa kembali menjalankan hidup secara normal,” ujar Deval Patrick.

Deval menambahkan agar penduduk tetap waspada.

Sebelumnya pihak berwenang menangguhkan seluruh angkutan umum dan memperingatkan hampir satu juta orang di wilayah Boston dan sekitarnya untuk tidak keluar rumah. Bisnis-bisnis diminta untuk tidak beroperasi. Kampus dan sekolah ditutup, demikian juga wilayah udara di Boston.

Salah satu kota yang terkena dampaknya adalah Newton. Wijaya Suhendra, mahasiswa Indonesia, yang telah tinggal di kota itu selama lebih dari dua tahun, mengatakan kepada VOA Jumat siang bahwa lingkungan di sekitarnya ibarat kota mati.

“Biasanya banyak anak-anak yang bermain di luar apartemen. Tapi hari ini the whole residents di apartemen saya tidak ada yang keluar. Parkiran penuh, berarti tidak ada yang menggunakan kendaraan untuk berangkat kerja,” ujar Wijaya.

Mahasiswa S-2 itu mengatakan situasi yang tidak kondusif sekarang ini membuat rencana wisudanya di Universitas Northeastern, Boston Sabtu (20/4) ditunda.

Ribuan polisi hingga kini masih mencari Dzhokhar Tsarnaev, salah seorang tersangka pemboman Marathon Boston hari Senin. Seorang tersangka lainnya, Tamerlan Tsarnaev, tewas dalam baku tembak dengan polisi Kamis malam di Watertown, pinggiran kota Boston.
XS
SM
MD
LG