Tautan-tautan Akses

Laporan Media: Jon Huntsman, Calon Dubes AS untuk Rusia


Mantan Dubes AS untuk China, Jon Huntsman (Foto: dok).

Mantan Dubes AS untuk China, Jon Huntsman (Foto: dok).

Berbagai media melaporkan bahwa Jon Huntsman, yang menjabat duta besar Amerika untuk China di bawah pemerintahan mantan Presiden Barack Obama, akan dicalonkan Presiden Donald Trump sebagai duta besar untuk Rusia.

Berbagai sumber yang dekat dengan Gedung Putih menyatakan Huntsman telah menerima tawaran Presiden Trump untuk menduduki jabatan tersebut. Huntsman, seorang anggota partai Republik, menjadi Gubernur Utah dari tahun 2005 hingga 2009, sebelum mengundurkan diri untuk menduduki posnya di Beijing. Ia sempat mencalonkan diri untuk menjadi presiden pada tahun 2012. Ia juga menjabat sebagai duta besar Amerika untuk Singapura di bawah pemerintahan Presiden George HW Bush.

Pencalonan Huntsman itu berlangsung pada saat ketegangan dan saling tuduh meningkat antara Washington dan Moskow. Badan-badan intelijen Amerika telah menuduh Rusia meretas markas besar Komite Nasional partai Demokrat dan melansir email-emailnya dalam upaya membantu Trump mengalahkan Hillary Clinton dalam pemilihan presiden tahun lalu.

Kontroversi ini membayangi pemerintahan baru di bawah pimpinan Trump, terutama terkait tuduhan bahwa beberapa kolega dekat presiden bertemu dengan para pejabat Rusia semasa kampanye tahun lalu. [uh/ab]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG