Tautan-tautan Akses

Laporan: Somalia, Korea Utara Negara Paling Korup


Somalia dan Korea Utara merupakan negara paling korup di dunia menurut laporan Transparency International (foto: ilustrasi).

Somalia dan Korea Utara merupakan negara paling korup di dunia menurut laporan Transparency International (foto: ilustrasi).

Laporan baru 'Transparency International' Rabu (27/1) menyatakan Somalia, Korea Utara dan Afghanistan sebagai negara terkorup di dunia.

Sebuah laporan baru menyatakan bahwa Somalia, Korea Utara dan Afghanistan sebagai negara-negara yang paling korup di seluruh dunia.

Lembaga Transparency International (TI) merilis Indeks Persepsi Korupsi tahunan pada hari Rabu (27/1), berdasarkan apa yang mereka sebut pandangan para ahli dari seluruh dunia untuk mengukur tingkat persepsi korupsi di sektor publik suatu negara.

Skor rendah dalam laporan TI berarti semakin banyak korupsi, dan laporan tersebut memberi Somalia dan Korea Utara dengan skor 8, sementara Afghanistan mendapat skor 11.

Tidak ada negara mendapatkan nilai sempurna 100, tetapi beberapa negara mendapatkan skor yang mendekati sempurna, yaitu Denmark dengan skor 91, sementara Finlandia dan Swedia masing-masing dengan skor 90, atau merupakan negara-negara yang paling bersih dari korupsi.

Transparency International juga mengatakan bahwa lebih dari 6 miliar penduduk dunia, atau 81 persen lebih dari populasi global (dari sekitar 7,4 miliar populasi penduduk dunia), masih tinggal di negara-negara "dengan masalah korupsi yang serius." Wilayah dengan kinerja korupsi terburuk adalah negara-negara di sub-Sahara Afrika.

Kawasan Asia, menurut laporan itu, adalah wilayah yang disatukan oleh (budaya) korupsi, namun baru menunjukkan langkah-langkah yang sedikit untuk mengambil tindakan tegas melawan korupsi.

"(Mulai) dari janji-janji kampanye, sampai liputan media, sampai reformasi masyarakat sipil, (isu) korupsi mendominasi diskusi-diskusi (di negara Asia)."

Singapura (dengan skor 85) dan Jepang (skor 75) memimpin di antara negara-negara Asia yang paling tidak korup, sementara China jauh di bawahnya dengan skor 37.

Untuk kawasan ASEAN, selain Singapura yang berada di urutan teratas (peringkat ke-8 di dunia yang paling sedikit korupsinya), Malaysia menempati peringkat ke-54 dengan skor 50, Thailand dengan skor 38, Indonesia skor 36 (meningkat sedikit dari skor 34 tahun lalu), Filipina dengan skor 35, Vietnam skor 31, Laos skor 25, sedangkan Kamboja dan Myanmar termasuk di antara 20 negara paling korup di dunia dan hanya mendapat skor 21. [pp/dw]

XS
SM
MD
LG