Tautan-tautan Akses

AS

Laporan: Semakin Banyak Anak Terlantar di Amerika


Seorang warga Amerika, Theresa Alden (kiri) bebincang dengan anak-anak adopsinya Gavin (tengah, 6) dan Graem (4), di rumah mereka di Lancaster, Pennsylvania (foto: dok).

Seorang warga Amerika, Theresa Alden (kiri) bebincang dengan anak-anak adopsinya Gavin (tengah, 6) dan Graem (4), di rumah mereka di Lancaster, Pennsylvania (foto: dok).

Keterlantaran anak di Amerika naik delapan persen secara nasional dari tahun 2012 ke tahun 2013, yang berdampak amat buruk terhadap pendidikan, emosi dan perkembangan sosial anak.

Jumlah anak yang tidak punya tempat tinggal di AS meningkat tajam dalam tahun-tahun terakhir ini, dengan statistik satu dari setiap 30 anak. Laporan tadi menyebutkan keterlantaran anak itu disebabkan oleh tingginya tingkat kemiskinan, sedikitnya jumlah rumah murah, dan dampak kekerasan rumah tangga yang parah.

Laporan berjudul "America's Youngest Outcasts," yang artinya “Anak-anak Terbuang Amerika,” dirilis hari Senin (17/11) oleh lembaga penelitian “National Center on Family Homelessness,” yang memperhitungkan, hampir 2,5 juta anak Amerika tak punya rumah pada satu waktu di sepanjang tahun 2013.

Masalah kronis ini terutama di California, yang memiliki seperdelapan jumlah penduduk AS, namun memiliki lebih dari seperlima jumlah anak-anak terlantar, dengan angka mendekati 527 ribu anak.

Keterlantaran anak naik delapan persen secara nasional dari tahun 2012 ke tahun 2013, yang berdampak amat buruk terhadap pendidikan, emosi dan perkembangan sosial anak, sekaligus mengimbas pada kesehatan, prospek pekerjaan dan kemampuan mengasuh orangtua mereka.

Sementara itu, pemerintah federal telah berhasil membuat kemajuan dalam mengurangi keterlantaran di kalangan veteran perang dan orang dewasa.

XS
SM
MD
LG