Tautan-tautan Akses

Laporan Media: Mafia Italia Diduga Susupi Politik Australia


Mantan Perdana Menteri Australia John Howard (kanan) disebut-sebut dalam laporan media mengenai mafia Italia di Australia. (Foto: dok)

Mantan Perdana Menteri Australia John Howard (kanan) disebut-sebut dalam laporan media mengenai mafia Italia di Australia. (Foto: dok)

Investigasi media Australia menunjukkan bahwa sebuah elemen mafia Italia telah menggunakan donor partai-partai Australia untuk melegitimasi aktivitas-aktivitasnya.

Dua organisasi media Australia melaporkan, Senin (29/6), bahwa politik Australia telah disusupi di tingkat tinggi oleh mafia Italia, meski tidak disebutkan kaitan langsung antara para pembuat undang-undang dengan sindikat kriminal itu.

Investigasi selama setahun oleh Australian Broadcasting Corporation dan Fairfax media menunjukkan bahwa satu elemen dari mafia asal daerah Calabria di Italia, dikenal dengan 'Ndrangheta', telah menggunakan sejumlah donor terkenal untuk partai-partai di kedua sayap politik Australia untuk melegitimasi aktivitas-aktivitasnya.

Laporan itu mengatakan seorang pria dengan "hubungan mafia yang erat" bertemu perdana menteri saat itu, John Howard, dan para pejabat partai papan atas dalam sebuah acara penggalangan dana untuk Partai Liberal yang konservatif pada awal tahun 2000an.

Tidak disebutkan apakan Howard mengetahui kaitan kriminal pria tersebut.

Dalam insiden lain, putra dari seseorang yang diduga boss mafia bekerja di kedutaan besar Australia di Roma saat mantan menteri Partai Liberal, Amanda Vanstone menjabat sebagai duta besar, menurut laporan tersebut.

Lagi-lagi tidak disebutkan apakah Vanstone mengetahui kaitan tersebut.

Menurut laporan rahasia polisi tahun 2013, 'Ndrangheta telah menggunakan sejumlah donor partai yang dikenal untuk "'memberikan legitimasi publik' untuk aktivitas-aktivitasnya," menurut laporan tersebut.

'Ndrangheta dan sesama kelompok mafia Calabria telah lama merupakan kekuatan ekonomi besar di Italia bagian selatan karena peran mereka sebagai salah satu importir terbesar Eropa untuk kokain dari Amerika Selatan.

Pengaruh mereka menyebar ke utara selama krisis ekonomi sekarang ini, ke kota-kota termasuk Roma, Milan dan Bologna, di mana mereka menggunakan kekayaan untuk membeli pengaruh politik.

Kantor kejaksaan nasional anti-mafia di Italia mengatakan dalam sebuah laporan bulan Februari bahwa perusahaan-perusahaan yang "dikapitalisasi oleh 'Ndrangheta" selama ini telah menjadi "yang terdepan dalam sektor-sektor operasi mereka", termasuk judi legal, transportasi truk, dan restoran serta hotel.

XS
SM
MD
LG