Tautan-tautan Akses

Laporan: Kongres AS Tahu Rencana Rusia Meretas DNC Tahun Lalu


Pemimpin Partai Demokrat di DPR AS Nancy Pelosi dalam konferensi pers di Capitol Hill, Washington, D.C. Kamis (11/8).

Pemimpin Partai Demokrat di DPR AS Nancy Pelosi dalam konferensi pers di Capitol Hill, Washington, D.C. Kamis (11/8).

Pemimpin Partai Demokrat di DPR AS, Nancy Pelosi, mengatakan Rusia jelas berada di balik serangan dunia maya terhadap partainya.

Dia membuat komentar itu Kamis (11/8), dan mengatakan kerusakan yang luas terhadap Partai Demokrat itu sedang diselidiki.

Tahun lalu, para pejabat dalam komunitas intelijen AS memberitahu beberapa anggota Kongres berpangkat tinggi bahwa peretas Rusia sedang berusaha menembus komputer Komite Nasional Demokrat atau DNC.

Menurut laporan dari Reuters, para anggota Kongres yang diberitahu tentang peretasan itu tidak bisa mengungkapkannya kepada DNC karena informasi itu terlalu sensitif. Tapi badan-badan intelijen AS terus memantau para peretas itu untuk mendapatkan informasi tentang taktik mereka.

Pemerintahan Obama belum mengumumkan bahwa Rusia berada di balik serangan itu, namun para penyelidik mengatakan agen mata-mata Rusia bertanggung jawab. Rusia membantah terlibat.

Peretasan itu baru diketahui publik bulan lalu setelah WikiLeaks mempublikasikan email yang diperoleh dari DNC online, dan Biro Investigasi Federal mengumumkan akan menyelidiki insiden itu. [as]

XS
SM
MD
LG