Tautan-tautan Akses

AS

Laporan Komisi Senat AS Beberkan Kegiatan Peretasan China


Peretas-peretas China yang dicari pemerintah Amerika. (AP/Charles Dharapak)

Peretas-peretas China yang dicari pemerintah Amerika. (AP/Charles Dharapak)

Laporan tersebut, yang didasarkan pada penyelidikan satu tahun, menyebut sedikitnya 20 pembobolan yang dinamakan “advanced persistent threat”.

Para penyelidik dari Senat Amerika mengatakan para peretas dari pemerintah China telah berkali-kali membobol jaringan komputer maskapai penerbangan, perusahaan-perusahaan teknologi dan lain-lain yang dikontrak oleh Departemen Pertahanan AS atau Pentagon.

Laporan Komisi Angkatan Bersenjata Senat yang dikeluarkan Kamis (18/9) menuduh para hacker atau peretas China menarget perusahaan-perusahaan swasta yang digunakan militer Amerika untuk memindahkan pasukan dan peralatan di seluruh dunia.

Laporan tersebut, yang didasarkan pada penyelidikan satu tahun, menyebut sedikitnya 20 pembobolan yang dinamakan “advanced persistent threat” atau ancaman canggih yang tidak henti-hentinya, serangan siluman dan rumit yang biasanya datang dari pemerintah.

Senator Carl Levin, ketua komisi itu, menyebut penyusupan itu “sangat menggusarkan” dan merupakan "bukti tambahan tindakan agresif China di dunia maya.” China belum menanggapi laporan itu.

Kementerian Luar Negeri China membantah laporan tersebut. Jurubicara Kementerian Luar Negeri Hong Lei menyebut tuduhan-tuduhan tersebut tidak berdasar, tidak cukup bukti dan dibuat-buat.

XS
SM
MD
LG