Tautan-tautan Akses

Laporan: Kerugian Ekonomi Suriah Capai $202,6 Milyar Akibat Perang


Para pengungi Suriah di perkemahan pengungsi Al Zaatari di Mafraq, Yordania, dekat perbatasan Suriah, 15 Januari 2015 (Foto: REUTERS/Muhammad Hamed)

Para pengungi Suriah di perkemahan pengungsi Al Zaatari di Mafraq, Yordania, dekat perbatasan Suriah, 15 Januari 2015 (Foto: REUTERS/Muhammad Hamed)

Angka pengangguran di Suriah membubung dari kira-kira 15 persen pada awal perang tahun 2011 ke hampir 58 persen menjelang akhir tahun lalu.

Sebuah laporan baru yang didukung PBB menjelaskan kehancuran ekonomi dan masyarakat akibat perang empat tahun di Suriah, dimana kekerasan antara beberapa kelompok masyarakat telah mengobarkan pertempuran manca-negara melawan militan ISIS.

Laporan yang dikeluarkan hari Selasa tersebut, mengatakan perang itu telah merugikan ekonomi Suriah sekitar $ 202,6 milyar dan mendatangkan tingkat ketidaksetaraan dan ketidakadilan bagi rakyat dengan drastis di seluruh negara yang kesulitan mencari pangan itu.

Angka pengangguran membubung dari kira-kira 15 persen pada awal perang tahun 2011 ke hampir 58 persen menjelang akhir tahun lalu. Hal ini membuat hampir empat juta orang di negara dimana jumlah penduduk juga telah turun dari kira-kira 21 juta ke 17,5 juta orang, tidak bekerja sejak pertempuran mulai.

“Penurunan yang menghancurkan ke dalam kemiskinan di Suriah terus berlanjut dalam tahun 2014 ketika lebih dari 80 persen warga Suriah hidup dalam kemiskinan,” kata laporan itu.

XS
SM
MD
LG