Tautan-tautan Akses

Laporan Intelijen Bocor, Media Laporkan Rencana Pembunuhan Ketua Uni Afrika


Ketua Komisi Uni Afrika, Nkosazana Dlamini-Zuma (Foto: dok).

Ketua Komisi Uni Afrika, Nkosazana Dlamini-Zuma (Foto: dok).

Serangkaian laporan intelijen membentangkan sebuah persekongkolan untuk membunuh Dlamini-Zuma di Addis Ababa, segera setelah ia memulai jabatan sebagai ketua Uni Afrika perempuan yang pertama.

Organisasi Uni Afrika mengatakan hari Kamis (26/2), mereka tahu ada laporan intelijen Afrika Selatan yang bocor tentang persekongkolan untuk membunuh Ketua Komisi Uni Afrika Nkosazana Dlamini-Zuma pada tahun 2012.

Laporan itu bagian dari seberkas berita kawat yang dibocorkan ke kantor berita Al Jazeera dan surat kabar The Guardian. Masing-masing organisasi berita itu mulai menerbitkan sejumlah dokumen pekan ini.

Serangkaian laporan intelijen membentangkan sebuah persekongkolan untuk membunuh Dlamini-Zuma di Addis Ababa segera setelah ia memulai jabatan sebagai ketua Uni Afrika perempuan yang pertama.

Dikatakan, keamanan Dlamini-Zuma ditingkatkan setelah ada permintaan berdasarkan laporan bahwa "ia terancam." Dikabarkan pula bahwa intelijen Afrika Selatan menerima peringatan bahwa tim pembunuh telah tiba di Addis Ababa tiga hari sebelum Dlamini-Zuma memegang jabatannya dengan target tanggal untuk bertindak 12 hari kemudian, tetapi "tugas dapat dilaksanakan sewaktu-waktu."

Tidak ada indikasi jelas usaha pembunuhan itu dilaksanakan. Menteri Keamanan Afrika Selatan, David Mahlobo, mengutuk pembocoran intelijen itu hari Rabu, menekankan pembeberan tersebut merongrong upaya pengamanan.

XS
SM
MD
LG