Tautan-tautan Akses

Pertambahan Lapangan Kerja AS Mungkinkan Suku Bunga Naik


Kepala Federal Reserve, Janet Yellen mengindikasikan suku bunga acuan mungkin akan dinaikkan dalam waktu dekat (foto: dok).

Kepala Federal Reserve, Janet Yellen mengindikasikan suku bunga acuan mungkin akan dinaikkan dalam waktu dekat (foto: dok).

Pertambahan lapangan kerja AS tampaknya membuka jalan bagi bank sentral Amerika atau Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga acuan bulan depan.

Departemen Perburuhan Amerika hari Jumat (6/11) melaporkan pasar tenaga kerja naik tajam pada Oktober, menambahkan 271 ribu pekerjaan setelah lemahnya pertumbuhan lapangan kerja selama tiga bulan, dan tampaknya membuka jalan bagi bank sentral Amerika untuk menaikkan suku bunga.

Departemen itu menambahkan, angka pengangguran turun menjadi lima persen bulan lalu, tingkat terendah dalam tujuh tahun.

Ekonomi terbesar di dunia ini tidak begitu terpengaruh sektor manufaktur yang lesu, menunjukkan pertumbuhan lapangan kerja yang kuat dalam sektor layanan profesional dan bisnis, perawatan kesehatan, ritel, jasa boga dan konstruksi.

Analis sebelumnya memprediksi pertumbuhan lapangan kerja yang jauh lebih lemah pada bulan lalu, hanya sedikit di atas 145 ribu rata-rata per bulan untuk Agustus dan September.

Penerimaan karyawan yang kuat pada bulan Oktober bisa memudahkan jalan bagi Federal Reserve, bank sentral Amerika, menaikkan suku bunga acuan bulan depan.

Pembuat kebijakan Federal Reserve selama ini mencermati laju pertumbuhan pekerjaan, angka pengangguran dan indikator bisnis lain guna menentukan waktu yang tepat untuk menyesuaikan suku bunga, yang dipertahankan hampir nol persen dalam beberapa tahun ini sementara Amerika secara bertahap pulih dari resesi paling parah sejak Depresi Besar tahun 1930-an. [ka]

XS
SM
MD
LG