Tautan-tautan Akses

Langgar Kebijakan Satu Anak, Sutradara China Zhang Yimou Minta Maaf


Sutradara ternama Zhang Yimou saat mempromosikan filmnya "A Woman, a Gun and a Noodle Shop" di Berlin. (Foto: Dok)

Sutradara ternama Zhang Yimou saat mempromosikan filmnya "A Woman, a Gun and a Noodle Shop" di Berlin. (Foto: Dok)

Zhang Yimou memiliki tiga orang anak dan menghadapi denda sebanyak 160 juta yuan atau US$26 juta.

Sutradara China ternama Zhang Yimou mengatakan ia dan istrinya memiliki tiga anak setelah pihak berwenang menanyai agennya di tengah spekulasi bahwa ia telah melanggar kebijakan satu anak di China dan menjadi bapak dari tujuh anak.

Dalam sebuah pernyataan yang diunggah di akun Weibo kantornya yang telah diverifikasi, sutradara film-film epik “Hero" dan "House of Flying Daggers" meminta maaf karena tindakannya.

Ia mengatakan bekerja sama dengan otoritas keluarga berencana di kota sebelah timur China, Wuxi, dan siap menerima hukuman.

"Zhang Yimou dan istrinya Chen Ting mengukuhkan bahwa mereka memiliki dua putra dan satu putri,” menurut tulisan di Weibo.

“Untuk setiap konsekuensi negatif dari tindakan-tindakan saya, saya menyatakan minta maaf dari hati saya kepada publik.”

Kantor berita resmi Xinhua melaporkan minggu lalu bahwa otoritas Wuxi akan menanyai agen Zhang setelah sutradara itu menghilang.

Pada Mei, laporan-laporan di Internet muncul bahwa Zhang, yang menyutradarai upacara pembukaan Olimpiade Beijing yang sangat memukau pada 2008, memiliki sedikitnya tujuh anak dan dapat dikenai denda 160 juta yuan atau US$26 juta, menurut Xinhua.

Pihak berwenang mengatakan mereka tidak dapat menemukan Zhang dan telah mengirim tim-tim untuk mencari sutradara dan istrinya Chen Ting.

Zhang, 61, suatu kali merupakan anak badung sinema China, dengan film-film yang dilarang di negara sendiri namun populer di mancanegara. Ia sejak itu telah menjadi kesayangan Partai Komunis yang berkuasa, meski telah lama menjadi subyek gosip tabloid atas dugaan perselingkuhan dengan aktris-aktrisnya.

Pemerintah China mengatakan minggu lalu bahwa mereka akan memperbolehkan pasangan memiliki anak kedua jika salah satu dari mereka merupakan anak tunggal. Hal itu merupakan pelonggaran paling signifikan dari rezim pengontrol populasi dalam hampir tiga dekade. (AP/Reuters)
XS
SM
MD
LG