Tautan-tautan Akses

Lance Armstrong Diperintahkan Kembalikan Bonus $10 Juta


Lance Armstrong (kiri) dalam balap Tour de France 2001. (Foto: Dok)

Lance Armstrong (kiri) dalam balap Tour de France 2001. (Foto: Dok)

Hakim memutuskan bahwa perusahaan SCA Promotions harus mendapatkan kembali bonus-bonus yang dibayarkan kepada Armstrong pada tahun-tahun dia menggunakan doping.

Pembalap AS yang reputasinya tercemar, Lance Armstrong, telah diperintahkan untuk membayar US$10 juta kepada sebuah perusahaan promosi olahraga dalam kasus penipuan atas bonus-bonus bersepeda.

Hakim di pengadilan sipil di Texas memutuskan Senin (16/2) bahwa SCA Promotions yang berbasis di Dallas harus mendapatkan kembali bonus-bonus yang dibayarkan kepada Armstrong, 43, pada tahun-tahun dia menggunakan doping.

Perusahaan itu telah membayar Armstrong bonus untuk tiga kemenangan Tour de France. Rekor kemenangan Tour de France sebanyak tujuh kali dan medali perunggu Olimpiade 2000-nya dicabut dan ia diberi larangan mengikuti balap sepeda seumur hidup pada 2012 setelah investigasi Badan Anti-Doping AS menemukan ia menggunakan obat pendorong performa.

SCA telah menggugat bonus-bonus itu di pengadilan-pengadilan arbitrase selama bertahun-tahun, dimana Armstrong bersaksi di bawah sumpah pada sidang tahun 2005 bahwa ia tidak menggunakan obat-obatan. Setelah Armstrong mengaku menggunakan obat terlarang pada 2013, kasus itu dibuka kembali.

Panel arbitrase beranggotakan tiga orang mengatakan Senin bahwa kasus tersebut menampilkan "parade sumpah palsu, penipuan dan konspirasi internasional yang tak tertandingi."

Para pengacara Armstrong mengatakan mereka akan naik banding.

XS
SM
MD
LG