Tautan-tautan Akses

Laman BBC Berbahasa Inggris Diblokir di China


Halaman BBC Bahasa Inggris untuk China pada Rabu (15/10).
Halaman BBC Bahasa Inggris untuk China pada Rabu (15/10).

Direktur Siaran Dunia BBC, Peter Horrocks, mengecam dengan keras apa yang disebutnya usaha untuk “membatasi akses bebas untuk berita dan informasi.”

Lembaga penyiaran Inggris, British Broadcasting Corporation (BBC) mengatakan lamannya yang berbahasa Inggris tidak dapat lagi dibuka di China, langkah yang dikecam oleh BBC sebagai tindakan sensor yang disengaja.

Dalam pernyataan Rabu (15/10), Direktur Siaran Dunia BBC, Peter Horrocks, mengecam dengan keras apa yang disebutnya usaha untuk “membatasi akses bebas untuk berita dan informasi.”

Horrocks mengatakan BBC memprotes tindakan itu kepada pihak berwenang China, yang secara rutin menghambat laporan berita dari organisasi-organisasi asing, termasuk Voice of America.

Apa yang disebut 'Tembok Api Besar' di China selama bertahun-tahun menghambat situs BBC berbahasa China, walaupun sampai Rabu situs bahasa Inggrisnya terbuka.

BBC tidak mengatakan apakah mereka meyakini sensor yang diperluas itu adalah akibat aspek tertentu laporannya, walaupun tindakan tersebut dilakukan di tengah berminggu-minggu protes pro-demokrasi di Hong Kong.

Media China yang dikendalikan pemerintah telah menggambarkan protes di daerah China yang semi-otonom itu ilegal dan menggoyahkan, dalam apa yang tampaknya usaha menjaga demonstrasi itu menyebar ke China Daratan.

XS
SM
MD
LG