Tautan-tautan Akses

Laksamana Mullen Kunjungi Pangkalan-Pangkalan Tiongkok


Laksamana Mike Mullen (tengah) saat melakukan kunjungan ke pangkalan AL Tiongkok dekat Hangzhou (12/7).

Laksamana Mike Mullen (tengah) saat melakukan kunjungan ke pangkalan AL Tiongkok dekat Hangzhou (12/7).

Pejabat tertinggi militer AS itu mengunjungi dua pangkalan angkatan darat Tiongkok di provinsi Shandong dan Zhejiang.

Pejabat tertinggi militer Amerika akan mengakhiri kunjungannya ke Tiongkok hari Rabu dengan mengunjungi pangkalan angkatan laut.

Laksamana Mike Mullen, Ketua Gabungan Kepala-kepala Staf Angkatan Bersenjata Amerika hari Selasa mengunjungi dua pangkalan angkatan darat di pantai timur Tiongkok di provinsi Shandong dan Zhejiang.

Kantor berita Tiongkok Xinhua mengatakan ia akan melanjutkan kunjungan ke unit-unit militer hari Rabu dan melakukan kunjungan pertamanya ke pangkalan angkatan laut Tiongkok dan unit kapal selam dekat Hangzhou.

Kunjungan Laksamana Mullen untuk meningkatkan kerjasama militer dengan Tiongkok, juga mencakup diplomasi kuat di Beijing hari Senin. Selagi disana, Mullen membicarakan langkah-langkah memperkokoh kepercayaan antara kedua negara dengan Wakil Presiden Tiongkok Xi Jinping. Xi memuji apa yang disebutnya peningkatan hubungan Tiongkok-Amerika, dengan mengatakan kedua negara punya hubungan bilateral yang paling penting di dunia.

Hari Senin, Mullen juga bertemu dengan pimpinan militer Tiongkok, Jenderal Chen Bingde, yang mengecam latihan angkatan laut Amerika, di laut Tiongkok Selatan dan penerbangan pesawat-pesawat pengintai Amerika di pantai-pantainya.

XS
SM
MD
LG