Tautan-tautan Akses

Lagu Ciptaan SBY Dimainkan di Java Jazz Festival 2012

  • Alina Mahamel

Dua musisi jazz Amerika, Jeff Lorber dan Jeff Pescatto memainkan 4 lagu ciptaan SBY dalam Java Jazz festival 2012 di Jakarta (2/3).

Dua musisi jazz Amerika, Jeff Lorber dan Jeff Pescatto memainkan 4 lagu ciptaan SBY dalam Java Jazz festival 2012 di Jakarta (2/3).

4 lagu ciptaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dimainkan di panggung Java Jazz Festival 2012 oleh kolaborasi dua musisi jazz asal AS, Jeff Lorber dan Jeff Pescatto. Kedua musisi ini juga tampil diiringi permainan keyboard dari Menteri Perdagangan RI, Gita Wiryawan.

Tontonan wajib tahunan bagi pecinta jazz kembali digelar. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama Ibu Ani Yudhoyono, didampingi sejumlah menteri menikmati festival musik jazz di Hall D1, Jakarta International Expo, Kemayoran, Jumat malam (2/3).

“Kuyakin” menjadi lagu SBY pertama yang dimainkan oleh Jeff Lorber dan Jeff Pescatto sebagai lagu pembuka. Sementara 3 lagu lainnya yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris yaitu; Like the Wind, Coming Home dan Mother Earth.

Menteri Perdagangan Gita Wiryawan yang pernah mengaransemen lagu untuk SBY, mengiringi alunan suara penyanyi Joy Tobing dengan permainan keyboardnya.

Seusai penampilannya, Gita yang mengaku sebagai pecinta Jazz dan sudah sejak lama mendengarkan karya-karya Jeff Lorber dan Jeff Pescatto menyatakan alasan pemilihan lagu ciptaan presiden.

“Suka saya ya…dan lagunya bagus dengan pendekatan perdamaian. Mereka (Jeff Lorber dan Jeff Pescatto) suka dan tersentuh,” ujar Gita Wiryawan.

Jeff Lorber dikenal sebagai musisi jazz yang memadukan unsur jazz tradisional dengan musik rock, R & B, funk, elektronik dan ritme Latin. Sedangkan Jeff Pescatto adalah musisi jazz yang pernah berkolaborasi dengan David Foster. Ia adalah penyanyi sekaligus penulis lagu beragam soundtrack film.

Presiden SBY didampingi sejumlah Menteri ikut menonton Java Jazz festival 2012 di Jakarta (2/3).

Presiden SBY didampingi sejumlah Menteri ikut menonton Java Jazz festival 2012 di Jakarta (2/3).

Di antara rombongan tamu yang mendampingi Presiden SBY ini tampak Duta Besar AS, Scott Marciel.

Dubes Marciel mengatakan, “Festival ini hebat karena tidak hanya mampu membawakan budaya Amerika, tapi mampu membuat masyarakat Indonesia bisa ikut berpartisipasi pula di dalamnya. Festival ini benar-benar mengagumkan karena dapat menghadirkan dua budaya bersama.”

Beragam komentar juga muncul dari para pengunjung yang datang ke festival. Ada yang hanya sekedar berjalan-jalan melihat-lihat suasana, dan berfoto-foto, namun tidak sedikit yang benar-benar mengaku pecinta musik jazz dan ingin bertemu dengan musisi terkenal idolanya.

“Saya Reza dan sudah bekerja. Saya kebetulan suka jazz, dan ada waktu ya akhirnya kita gabungin jadi satu,” ujar Reza yang bekerja di Jakarta.

Java Jazz Festival yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 2 hingga 4 Maret ini, bertabur bintang dan legenda musik jazz. Di hari pertama festival, tersebut sejumlah nama, mulai dari Herbie Hancock, Dave Koz, the Manhattan Transfer, hingga Al Jarreau dan penampilan spesial dari penyanyi R&B, Erykah Badu.

Suasana semarak dan padatnya penonton juga terlihat pada panggung-panggung milik musisi Indonesia seperti pada panggung kelompok Maliq and the Essential, Andien dan Rieka Roeslan.

Dengan pola konser musik nonstop yang dimulai setiap hari sekitar pukul 15.00 WIB dan berakhir pukul 01.00 dinihari, serta tatanan panggung yang semarak, membuat ribuan penonton tampak memadati hampir semua teras dan sudut arena Jakarta International Expo, Kemayoran.

XS
SM
MD
LG