Tautan-tautan Akses

Lagarde Galang Dukungan, Kunjungi Negara-Negara yang Ekonominya Menguat

  • Lisa Bryant

Menteri Keuangan Perancis, Christine Lagarde dalam konferensi pers di Paris saat mengumumkan pencalonannya sebagai Kepala IMF (25/5).

Menteri Keuangan Perancis, Christine Lagarde dalam konferensi pers di Paris saat mengumumkan pencalonannya sebagai Kepala IMF (25/5).

Pihak berwenang di Brazil, India, Tiongkok, dan Afrika Selatan serta negara-negara lain mengeluhkan dominasi Eropa di IMF.

Menteri Keuangan Perancis Christine Lagarde secara aktif berkampanye untuk jabatan tertinggi di Dana Moneter Internasional (IMF), berencana akan ke Tiongkok dan negara-negara lain dalam upaya menggalang dukungan internasional.

Lagarde dijadwalkan akan menemui pejabat-pejabat senior di beberapa negara berkembang yang telah menghimbau IMF agar memilih direktur pelaksana baru dari salah satu negara yang perekonomiannya mulai menguat.

Pihak berwenang di Brazil, India, Tiongkok, dan Afrika Selatan serta negara-negara lain telah mengeluh bahwa peran mereka dalam perekonomian global tidak tercermin dalam posisi-posisi kepemimpinan pada berbagai organisasi ekonomi internasional yang utama.

Posisi tertinggi di IMF mendadak terbuka bulan ini ketika direktur pelaksana Dominique Strauss-Kahn mengundurkan diri setelah penahanannya di New York atas tuduhan kekerasan seksual.

Di antara saingan berat Lagarde, Meksiko telah mencalonkan Agustin Carstens, gubernur bank sentral dan mantan menteri keuangan negara itu, yang pernah menjabat sebagai wakil direktur IMF selama beberapa tahun.

Menteri Keuangan Amerika Timothy Geithner menyebut Lagarde maupun Carstens sebagai kandidat "kredibel" dan "berbakat" untuk posisi itu.



XS
SM
MD
LG