Tautan-tautan Akses

Lagarde Gagal Peroleh Dukungan India untuk Jabatan Kepala IMF


Menteri Keuangan India, Pranab Mukherjee menerima kunjungan Christine Lagarde di New Delhi, India hari Selasa (7/6).

Menteri Keuangan India, Pranab Mukherjee menerima kunjungan Christine Lagarde di New Delhi, India hari Selasa (7/6).

Meskipun kunjungannya ke India gagal meraih dukungan, Lagarde menggambarkan pertemuannya dengan pejabat-pejabat India 'sangat baik'.

Lagarde hari Selasa bertemu Perdana Menteri India Manmohan Singh dan Menteri Keuangan Pranab Mukherjee di New Delhi dalam kunjungan global termasuk singgah di Brazil dan kunjungan ke Tiongkok serta bertemu dengan pejabat-pejabat penting Afrika.

Meskipun kunjungan itu diakhiri tanpa kepastian dukungan India, Lagarde menggambarkan pertemuannya dengan pejabat-pejabat India “sangat baik”.

Mukherjee mengatakan kepada wartawan setelah pertemuan itu, pemilihan Ketua IMF atau Bank Dunia seharusnya didasarkan pada, keahlian, kompetensi dan dilakukan secara transparan.

Lagarde sepakat dan mengatakan kebangsaan atau negara asal jangan mempengaruhi atau menjadi hak istemewa calon tertentu.

Menteri Keuangan Mukherjee mengatakan harus anda konsensus luas mengenai siapa yang akan memimpin IMF, dan menambahkan bahwa India ingin bekerja sama dengan Brazil, Rusia, Tiongkok dan Afrika Selatan untuk mencari calon yang pantas.

Lagarde berjanji untuk mendukung perwakilan yang lebih besar bagi negara-negara seperti India, Tiongkok dan Brazil. Ia mengatakan IMF harus memusatkan perhatian lebih banyak kepada negara-negara yang sedang bangkit.

XS
SM
MD
LG