Tautan-tautan Akses

Lagarde, Carstens Berkampanye Perebutkan Posisi Kepala IMF


Dua kandidat yang memperebutkan posisi Kepala IMF: Christine Lagarde (kiri) dan Gubernur Bank sentral Meksiko, Agustin Carstens.

Dua kandidat yang memperebutkan posisi Kepala IMF: Christine Lagarde (kiri) dan Gubernur Bank sentral Meksiko, Agustin Carstens.

Menkeu Perancis Christine Lagarde kini berada di Beijing, sementara calon asal Meksiko Agustin Carstens akan melawat ke India hari Jumat.

Kedua kandidat yang diumumkan untuk mengepalai Dana Moneter Internasional IMF kini mengunjungi negara-negara ekonomi penting, mencari dukungan untuk upaya mereka menjadi direktur pelaksana IMF.

Menteri Keuangan Perancis Christine Lagarde kini berada di Beijing mengikuti serangkaian pertemuan dengan para pejabat keuangan dan politik Tiongkok. Ia tiba hari Rabu setelah lawatan serupa ke India, di mana ia tidak mendapatkan dukungan publik bagi pencalonannya.

Gubernur Bank Sentral Meksiko Agustin Carstens berencana melawat ke India hari Jumat dan ke Washington hari Senin, setelah berkampanye ke negara-negara lain, termasuk Jerman dan Brazil.

Carstens mengatakan ia menghadapi perjuangan “berat” dan mengemukakan bahwa banyak negara Eropa mendukung Lagarde, sebelum seluruh kandidat diumumkan. Beberapa negara Amerika Latin kini mendukung Carstens.

Negara-negara berkembang mengatakan peran mereka yang besar dan terus bertambah dalam ekonomi global berarti saatnya sudah tiba untuk mengakhiri tradisi selalu memilih orang Eropa guna mengepalai IMF.

Posisi Ketua IMF dibuka karena Dominique Strauss-Kahn yang warga Perancis mengundurkan diri bulan lalu, setelah ditahan karena tuduhan kekerasan seksual.

XS
SM
MD
LG