Tautan-tautan Akses

Lady Gaga Meriahkan Parade Pride Kaum Gay di Roma


Penyanyi AS, Lady Gaga ikut meramaikan acara 'Europride' di gedung Circus Maximus, Roma (11/6).

Penyanyi AS, Lady Gaga ikut meramaikan acara 'Europride' di gedung Circus Maximus, Roma (11/6).

Sekitar 300.000 orang, banyak di antara mereka membawa slogan-slogan agar diakhirinya diskriminasi, turut serta dalam acara 'Europride' itu.

Ratusan ribu orang berparade melewati ibukota Italia hari Sabtu merayakan festival “pride” kaum gay tahunan Eropa, dan mereka mendesak pemerintah Italia memajukan UU yang mengakui hak-hak kaum gay.

Polisi memperkirakan sedikitnya 300.000 orang, banyak diantara mereka membawa slogan-slogan agar diakhirinya diskriminasi, turut serta dalam acara 'Europride'.

Parade penuh warna itu ditutup tahun ini dengan penampilan oleh Lady Gaga, yang menyanyikan lagu hitnya “Born This Way” di gedung Circus Maximus kuno di Roma. Ia mengkritik Polandia, Rusia, Lithuania dan negara-negara di Timur Tengah karena membatasi kebebasan kaum gay. Mengenakan gaun Versace dan rambut palsu berwarna hijau, ia berkata kepada kerumunan “kita semua berasal dari DNA yang sama, kita lahir seperti ini.”

Festival-festival kaum gay berlangsung di sejumlah kota Eropa. Sebagian besar berlangsung damai, tetapi satu parade di Kroasia berubah menjadi kekerasan ketika kelompok oposisi melemparkan batu dan menyerang sekitar 200 orang di kota pantai Split. Setidaknya 100 orang ditahan dan banyak lainnya cedera.

Kekerasan itu terjadi sehari setelah negara tersebut diberikan persetujuan untuk bergabung dengan Uni Eropa. Kroasia berjanji menghormati HAM sebagai bagian dari upaya menjadi anggota Uni Eropa.

XS
SM
MD
LG