Tautan-tautan Akses

Laba Bank of America Naik


Cabang Bank of America di Charlotte, N.C. (Foto: dok.)

Cabang Bank of America di Charlotte, N.C. (Foto: dok.)

Bank of America Corp, pemberi pinjaman terbesar kedua di Amerika, mengatakan laba perusahaan itu naik 9,4 persen karena bisnis pendapatan tetapnya sampai bulan lalu naik lebih dari perkiraan sementara biaya pengeluaran menyusut.

Laba bersih triwulan keempat naik menjadi 3,34 milyar, atau 28 sen per saham, dari 3,05 milyar, atau 25 sen, tahun sebelumnya. Demikian dikatakan perusahaan yang berpusat di Charlotte, North Carolina itu hari Selasa (19/1) dalam sebuah pernyataan. Di luar penyesuaian akuntansi, perusahaan itu mendapat laba 29 sen per saham, mengalahkan 27 sen rata-rata perkiraan 27 analis yang disurvei Bloomberg.

CEO Brian T. Moynihan menurunkan biaya pengeluaran karena rendahnya suku bunga dan pasar yang resah menghalangi naiknya pendapatan. Sejak menjabat tahun 2010, ia mengatasi biaya-biaya yang terkait akuisisi yang dilakukan pendahulunya, Countrywide Financial Corp dan Merrill Lynch & Co, yang memberi kontribusi lebih dari 70 miliar dolar pada anggaran perusahaan itu sejak krisis keuangan.

Pendapatan yang disesuaikan dari operasi perdagangan naik 11 persen menjadi 2,65 milyar dolar, didorong pendapatan tetap, yang naik 20 persen menjadi 1,76 milyar dolar. Itu mengalahkan perkiraan rata-rata 1,55 milyar dolar oleh empat analis yang disurvei Bloomberg dan melampaui kenaikan "pertengahan satu digit" yang diperkirakan Moynihan dalam konferensi investor Desember lalu. [ka/jm]

XS
SM
MD
LG