Tautan-tautan Akses

Kutipan di Monumen Martin Luther King di Washington akan Diperbaiki


Monumen pemimpin hak-hak sipil, Dr. Martin Luther King Jr. di Washington DC (foto: dok).

Monumen pemimpin hak-hak sipil, Dr. Martin Luther King Jr. di Washington DC (foto: dok).

Berbagai kecaman mengatakan tulisan itu membuat pemimpin hak-hak sipil Dr. Martin Luther King Jr. terdengar sombong.

Pemerintah Amerika mengatakan akan mengganti tulisan di sebuah prasasti di Monumen Martin Luther King Jr di Washington DC dengan kutipan penuh dari pemimpin hak-hak sipil itu. Langkah ini diambil setelah pemerintah bertemu dengan keluarga King.

Tulisan yang diparafrasekan dari kutbah tahun 1968 yang disampaikan di sebuah gereja di Atlanta itu berbunyi: "Saya merupakan genderang utama bagi keadilan, perdamaian dan kebenaran."

Berbagai kecaman mengatakan tulisan itu membuat King terdengar sombong. Layanan Taman Nasional bermaksud untuk menggantinya dengan kutipan penuh dari King yang mengatakan, " Iya, jika anda ingin mengatakan bahwa saya adalah genderang utama, sebutkan saya adalah genderang utama bagi keadilan. Katakan bahwa saya merupakan genderang utama bagi perdamaian. Saya adalah genderang utama bagi kebenaran. Dan seluruh pikiran dangkal lainnya tidak ada artinya."

Menteri Dalam Negeri Amerika merilis sebuah pernyataan yang mengatakan "dengan monumen yang begitu kuat dan abadi, sangat penting bahwa semua aspek dari kata-kata, desain dan artinya sesuai dengan kehidupan dan warisan Dr King."

Layanan Taman Nasional berharap untuk menyelesaikan pekerjaan itu pada perayaan ulang tahun King Januari mendatang.

XS
SM
MD
LG